Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Generasi Muda Harus Berperan Penting dalam Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila? Ini Penjelasannya ....

Kompas.com - 15/09/2023, 15:44 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyemaian nilai-nilai Pancasila melalui parenting merupakan suatu terobosan yang sangat bagus.

Generasi muda berperan penting dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila karena agar mereka mengetahui bagaimana menjadi generasi yang baik, dan bertanggung jawab.

Baca juga: Nilai-Nilai Pancasila: Makna dan Contoh Penerapannya di Sekolah

Dilansir dari Jurnal berjudul Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila bagi Generasi Milenial (2022) oleh Selvi Novitasari dan Dinie Anggraeni Dewi, nilai Pancasila juga penting ditanamkan sejak dini, karena agar generasi milenial selalu menerapkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, maupun nilai kerakyatan.

Sebab, berdasarkan dengan kehidupan saat ini di mana generasi milenial mulai melupakan pedoman hidup Pancasila, dan pergeseran nilai-nilai Pancasila.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan nilai Pancasila bagi generasi penerus bangsa.

Baca juga: Nilai-nilai Pancasila: Pengertian, Makna, dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Bela negara pada generasi muda

Dilansir dari buku Tantangan Bela Negara Era Milenial (2019) oleh Dian Andikayani, generasi muda Indonesia harus mampu memenuhi kewajiban sebagai warga negara untuk ikut serta dalam bela negara.

Bela negara ini dalam rangka mewujudkan Indonesia lebih baik, dan untuk mempertahankan keberlangsungan hidup bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Adapun bela negara ini bisa berupa pendidikan kewarganegaraan melalui pembinaan kesadaran bela negara dengan menanamkan nilai-nilai dasar bela negara.

Baca juga: Mengapa Kita Perlu Mengembangkan Nilai-nilai Pancasila?

Selain itu, generasi muda Indonesia juga harus mengetahui tantangan dan peluang yang akan dihadapi serta pentingnya penguatan pola pikir agar dapat memahami konsep diri dalam bekerja dan memanfaatkan waktu sebagai peluang.

Generasi muda juga tidak boleh acuh terhadap perkembangan dinamika kepemerintahan yang sedang berjalan dan harus berani mengkritik ketika pemerintah harus dikritik.

Kaum muda milenial punn harus memiliki prinsip untuk melakukan perubahan yang lebih baik, dari kondisi yang kurang baik ke kondisi yang lebih baik, dan yang sudah baik menjadi lebih baik dengan berprestasi pada berbagai bidang yang dikuasai.

Itulah penjelasan mengenai mengapa generasi muda harus berperan penting dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga: Nilai-Nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com