Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban dari Soal "Mengapa Penderita TBC Bernapas dengan Terengah-engah?"

Kompas.com - 11/09/2023, 15:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam Bahasa Indonesia, kita dapat belajar mengklasifikasi informasi 5W+1H yang didapat dari teks bacaan.

Aspek dari 5W+1H yakni, apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Berikut contoh teks, soal, dan pembahasannya yang ramai di media sosial:

Baca juga: Teori Kuman Penyakit

Teks soal

Penyakit pada Sistem Pernapasan

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Setiap organ itu dapat mengalami gangguan akibat kumat penyakit yang berasal dari lingkungan atau kebiasaan hidup tak sehat. Berikut beberapa contoh gangguan pada sistem pernapasan manusia.

  1. Emfisema, merupakan penyakit pada paru-paru. Paru-paru mengalami pembengkakan karena pembuluh darah pada paru-paru kemasukan udara.
  2. Asma, merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi debu, bulu, atau perubahan cuaca. Kelainan ini dapat diturunkan dan dapat kambuh jika suhu lingkungan cukup rendah atau keadaan dingin.
  3. Kanker paru-paru. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit paling berbahaya. Sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali. Penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh. Salah satu pemicu kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok.
  4. Tuberkulosis (TBC), merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus. Jika penyakit ini menyerang dan dibiarkan semakin luas, dapat menyebabkan sel-sel pada paru-paru mati. Akibatnya paru-paru akan menguncup atau mengecil. Hal itu menyebabkan para penderita TBC napasnya sering terengah-engah.
  5. Bronkitis, merupakan ganguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejala adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lendir yang menyumbat batang tenggorokan. Akibatnya penderita mengalami sesak napas.
  6. Influenza (flu), merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakiy ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam, dan pilek.

Baca juga: Urutan yang Benar Proses Jalannya Udara pada Sistem Pernapasan Manusia

Soal

Mengapa penderita TBC bernapas dengan terengah-engah?

A. Karena penyakit ini lama-kelamaan dapat menyerang seluruh tubuh
B. Karena lendir yang menyumbat batang tenggorokan
C. Karena paru-paru akan menguncup atau mengecil
D. Karena bakteri Mycobacterium

Baca juga: Sistem Pernapasan Bagian Bawah

Jawab:

Dilansir dari buku Konsep Dasar IPA Berbasis CTL (2023) oleh Elva Zuleni, penderita TBC bernapas dengan terengah-engah karena paru-paru akan menguncup atau mengecil. Jawaban (C).

Berdasarkan organ yang terlibat dalam peristiwa inspirasi (menghirup udara) dan ekspirasi (mengembuskan udara), orang sering menyebut pernapasan dada dan pernapasan perut.

Sebenarnya pernapasan dada dan pernapasan perut terjadi secara bersamaan.

Itulah penjelasan mengenai jawaban dari soal mengapa penderita TBC bernapas dengan terengah-engah.

Baca juga: Bagaimana Organ Pernapasan Membantu Kita Bernapas?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com