Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Hubungan Sosial dan Ciri-Cirinya

Kompas.com - 07/09/2023, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Hubungan sosial sering terjalin dalam kehidupan sehari-hari karena semua orang melibatkan diri dalam interaksi dengan orang lain. 

Hubungan sosial berlaku untuk semua orang. Hal ini karena setiap orang pasti memiliki banyak hubungan sosial dengan berbagai individu. Baik itu orang terdekat yang sudah mengenal pribadi kita, maupun orang-orang yang baru saja kita temui dalam hidup. 

Namun, meskipun semua orang terlibat dalam hubungan sosial, sayangnya hanya sedikit yang benar-benar menyadari pentingnya hal ini. 

Secara umum, hubungan sosial adalah interaksi antara individu dengan orang lain, baik itu dengan satu individu atau dalam kelompok yang lebih besar, yang melibatkan pertukaran informasi dan pengaruh timbal-balik antara mereka.

Baca juga: Efek Kebutuhan Afiliasi terhadap Tingkah Laku Sosial

Ciri-ciri hubungan sosial 

Beberapa ciri hubungan sosial, sebagai berikut: 

  • Dilakukan lebih dari satu orang 

Hubungan sosial biasanya dimulai dari komunikasi. Tanpa adanya komunikasi, sebuah hubungan jenis apa pun tidak akan pernah terjadi, termasuk hubungan sosial. 

Oleh sebab itu, hubungan sosial bisa terjadi jika ada minimal dua orang yang berinteraksi dalam waktu yang sama. 

Selain dua orang, hubungan sosial juga bisa dilakukan jika ada banyak orang yang melakukan interaksi dalam waktu yang bersamaan.

Satu orang akan menjadi pembicara dan satu lagi sebagai pendengar. Ketika dua orang berkomunikasi untuk pertama kalinya, tanpa sadar mereka telah memulai sebuah hubungan sosial. 

Dalam hal ini, hubungan sosial yang terjadi bisa dalam jangka pendek atau hubungan sosial jangka panjang yang bisa bertahan hingga puluhan tahun ke depan.

Baca juga: Pengertian Stratifikasi Sosial dan Fungsinya

  • Memiliki maksud dan tujuan yang jelas 

Beberapa orang percaya dengan yang namanya kebetulan. Namun sebenarnya, tidak pernah ada yang namanya kebetulan di dunia ini. Seaneh apa pun itu, semua hal yang terjadi pada kita pasti ada tujuannya.

Begitu juga, dengan hubungan sosial. Salah satu ciri paling jelas dari hubungan sosial adalah memiliki maksud dan tujuan yang jelas. Ketika kita memulai interaksi dengan seseorang, kita pasti memiliki tujuan tertentu.

Apalagi di zaman sekarang, di mana manusia cenderung bersikap lebih individualis. Maka dari itu, ketika orang yang biasanya lebih suka sendiri dan tidak mementingkan orang lain, tiba-tiba memulai interaksi, karena dia memiliki tujuan yang ingin dicapainya.

Misalnya, ketika seorang murid baru yang belum mengenal siapa pun, kemudian mengajak kita untuk berkenalan. Jadi, dia melakukannya karena memiliki tujuan yang jelas yakni memulai hubungan pertemanan.

  • Terjadi komunikasi langsung 

Komunikasi dengan orang lain adalah hal yang mudah dilakukan saat ini. Apalagi dengan adanya internet dan smartphone, maka jangankan berkomunikasi dengan orang terdekat, kamu bahkan bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di belahan negara lain dengan mudah.

Namun, hubungan sosial tidak bisa dibentuk dengan komunikasi tidak langsung seperti ini. 

Untuk memulai sebuah hubungan sosial, harus terjadi komunikasi langsung antara dua orang atau lebih dan komunikasi langsung ini baru akan terjadi, jika adanya pertemuan secara langsung.

Baca juga: Hubungan Sosiologi dengan Fenomena Sosial

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com