Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Contoh Cerita Rakyat

Kompas.com - 06/09/2023, 05:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cerita rakyat adalah cerita yang sudah ada sejak zaman dahulu di kalangan rakyat dan terus diwariskan hingga saat ini.

Berikut 10 cerita rakyat, yaitu:

Asal-usul Danau Toba

Asal-usul Danau Toba adalah cerita rakyat yang berasal dari Sumatera Utara. Cerita ini dimulai dengan seorang pemuda sedang memancing. Setelah menunggu sekian lama, ia akhirnya mendapat tangkapan ikan yang besar dan membawanya pulang.

Pemuda tersebut menaruh ikan di dapur dan pergi mempersiapkan peralatan untuk memasaknya. Ketika ia kembali, ikan itu menghilang. Betapa terkejutnya ia mendapati seorang gadis cantik yang ternyata adalah jelmaan dari ikan tadi.

Gadis itu meminta untuk diperbolehkan tinggal bersama di rumah sang pemuda. Akhirnya, mereka menikah dengan syarat sang pemuda harus berjanji untuk tidak mengungkit asal-usul sang gadis.

Mereka kemudian dikaruniai seorang anak. Hingga pada suatu hari, sang anak melakukan kesalahan yang membuat ayahnya murka. Dengan kasar, sang ayah berkata, “Dasar anak keturunan ikan!” yang membuat anak tersebut sedih dan mengadu ke ibunya.

Sang ibu sangat merasa kecewa dengan tingkah ayah. Ia pun menyuruh anaknya pergi ke puncak bukit. Kemudian, sang ibu mendatangi sungai. Cuaca yang tadinya cerah berubah menjadi gelap dalam sekejab. Langit bergemuruh, petir menyambar-nyambar, disertai turunnya hujan yang sangat deras.

Sang ibu melompat ke sungai dan menjadi ikan besar. Setelah itu, sungai menjadi banjir sehingga menciptakan genangan air yang luas. Akhirnya, tempat itu berubah menjadi danau besar yang dikenal masyarakat sebagai Danau Toba.

Pesan moral:

Pesan moral yang dapat diambil dari cerita Asal-usul Danau Toba adalah kita harus menepati janji kita.

Sangkuriang

Sangkuriang adalah cerita rakyat asal Jawa Barat yang mengisahkan seorang pemuda sakti bernama Sangkuriang. Ia jatuh cinta dan ingin menikahi Dayang Sumbi, ibu kandungnya. 

Dayang Sumbi ingin menolak lamarannya dengan mengajukan syarat yang dianggap mustahil, yaitu Sangkuriang harus membangun perahu besar dalam satu malam. 

Melihat Sangkuriang yang ternyata hampir menyelesaikan syarat tersebut berkat bantuan hal-hal gaib, Dayang Sumbi pun ingin menggagalkannya dengan memaksa ayam berkokok dan menciptakan suasana seakan sudah pagi, padahal sejatinya hari masih gelap gulita. 

Sangkuriang pun marah dan menendang perahu yang sedang dibuatnya sehingga tertelungkup berubah menjadi gunung yang dikenal sebagai Tangkuban Parahu. 

Setelah itu, Sangkuriang mencari Dayang Sumbi yang ternyata sudah berubah menjadi bukit dikenal sebagai Gunung Putri. Sangkuriang yang gagal menemukan Dayang Sumbi pun akhirnya menghilang ke alam gaib. 

Pesan moral:

Cerita rakyat Sangkuriang mengajarkan kita bahwa kita harus mencintai dengan sewajarnya saja. Selain itu, kita juga tidak boleh berbuat curang.

Baca juga: Cerita Rakyat: Pengertian dan Ciri-cirinya

Tujuh Anak Lelaki

Cerita Tujuh Anak Lelaki merupakan cerita rakyat asal Nanggroe Aceh Darussalam. Cerita ini mengisahkan tentang sepasang suami istri dengan tujuh anak yang kesulitan untuk hidup karena kampungnya dilanda kemarau berkepanjangan.

Karena tidak sanggup mencukupi kebutuhan keluarga, pasangan suami istri berencana membuang ketujuh anaknya di hutan. Mereka mengajak anak-anak mencari kayu di hutan kemudian meninggalkan mereka.

Anak-anak mulai khawatir mengetahui orang tua mereka menghilang, hingga salah seorang anak menjelaskan kebenarannya.

Ketujuh anak tersebut sangat sedih, tetapi mereka memutuskan untuk menyusuri hutan. Hingga mereka menemukan sebuah rumah besar yang dihuni oleh raksasa baik hati. Sang raksasa membekali mereka makanan, beserta emas dan intan, untuk melanjutkan perjalanan.

Mereka menggunakan hasil dari menjual emas dan intan untuk membangun rumah. Setelah bertahun-tahun bekerja dan saling membantu, akhirnya mereka memiliki kekayaan yang melimpah. Mereka kemudian mencari kedua orang tua mereka untuk berkumpul kembali di rumah yang bagus dan hidup bahagia.

Pesan moral:

Cerita rakyat Tujuh Anak Lelaki mengajarkan kita untuk selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com