Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Keberadaan Gurun di Australia

Kompas.com - 02/09/2023, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Meski dijuluki benua hijau, ternyata Australia juga memiliki kawasan gurun di dalamnya. Bahkan gurun itu tidak kalah panasnya dengan gurun di Afrika.

Gurun adalah wilayah terpencil yang tidak berpenghuni. Suatu wilayah dikatakan sebagai gurun, jika curah hujannya kurang dari 250 hingga 500 milimeter tiap tahunnya.

Tahukah kamu mengapa di Australia ada gurun?

Penyebab adanya gurun di Australia

Ilustrasi gurun. Keberadaan gurun di Australia terjadi karena letak astronomisnya yang berada di 30º sebelah selatan khatulistiwa.iStockphoto/Mik122 Ilustrasi gurun. Keberadaan gurun di Australia terjadi karena letak astronomisnya yang berada di 30º sebelah selatan khatulistiwa.

Dikutip dari situs Geoscience Australia, bersama dengan Benua Antartika, Australia menjadi benua terkering di dunia.

Kekeringan ini disebabkan oleh klasifikasi iklim yang berhubungan dengan intensitas curah hujan dan suhu di kawasan tersebut.

Dikutip dari situs Alice Springs Desert Parkkeberadaan gurun di Australia terjadi karena lokasi atau letak astronomisnya.

Baca juga: Batas-batas Geografis Benua Australia

Perlu diketahui bahwa letak astronomis Australia ada di 113ºBT - 155ºBT dan 10º LS - 43ºLS.

Seperti kebanyakan gurun besar di dunia, gurun bisa dijumpai pada posisi atau garis lintang tertentu, kira-kira 30º sebelah utara atau selatan khatulistiwa.

Umumnya kawasan yang berada di posisi tersebut memiliki iklim yang cenderung kering, dan curah hujan yang tak bisa diprediksi.

Setidaknya ada sepuluh gurun di Australia, yakni:

  • Gurun Besar Victoria
  • Gurun Pasir Besar
  • Gurun Tanami
  • Gurun Simpson
  • Gurun Gibson
  • Gurun Pasir Kecil
  • Gurun Strzelecki
  • Gurun Sturt Stony
  • Gurun Tirari
  • Gurun Pedirka.

Baca juga: Kondisi Alam dan Penduduk Negara Australia

Diperkirakan hanya ada tiga persen penduduk Australia yang tinggal di gurun pasir. Alasan utamanya, karena iklim gurun cenderung kering dan panas.

Kesimpulannya, di Australia ada gurun karena letak astronomisnya yang kira-kira berada di 30º sebelah selatan khatulistiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com