Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak jika Predator atau Mangsa Pengalami Peningkatan atau Penurunan

Kompas.com - 29/08/2023, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comPredator dan mangsa memiliki hubungan yang erat dan saling memengaruhi. Bagaimana dampak yang terjadi jika predator atau mangsa mengalami peningkatan atau penurunan pada keseimbangan alam?

Jika predator atau mangsa mengalami peningkatan atau penurunan, maka keseimbangan alam dan ekosistem akan terganggu.

Dampak yang terjadi jika predator mengalami peningkatan

Peningkatan predator akan mengganggu ekosistem. Di mana predator yang banyak akan makan lebih banyak mangsa dan menurunkan jumlahnya secara drastis.

Peningkatan predator yang tidak terkontrol tidak diikuti oleh peningkatan mangsa. Hasilnya, populasi mangsa akan terus berkurang hingga punah.

Baca juga: Pengertian Mangsa dan Predator

Dampak yang terjadi jika predator mengalami penurunan

Predator memiliki peran penting bagi keseimbangan alam. Predator memakan hewan lain, sehingga dapat mengatur populasi mangsa.

Penurunan jumlah predator akan menyebabkan kenaikan jumlah mangsa (karena tidak ada yang memakannya).

Dilansir dari Scientific American, kenaikan jumlah mangsa dapat menyebabkan kerusakan pada tanaman lokal dan penyebaran wabah penyakit yang lebih luas.

Peningkatan jumlah mangsa juga dapat menyebabkan ledakan populasi, sehingga mangsa mendominasi ekosistem. Hasilnya, spesies lain akan terganggu dan terusir dari ekosistem tersebut.

Baca juga: 5 Kegiatan Manusia yang Dapat Memengaruhi Keseimbangan Ekosistem

Dampak yang terjadi jika mangsa mengalami peningkatan

Dilansir dari Biology LibreTexts, populasi mangsa adalah faktor pembatas yang membatasi pertumbuhan dan perkembangan suatu organisme atau populasi tertentu.

Ketika mangsa mengalami peningkatan, maka lebih banyak makanan yang tersedia untuk predator. Hal tersebut membuat jumlah predator turut meningkat dalam beberapa waktu.

Predator yang meningkat akan memakan banyak mangsa dan menurunkan populasinya. Hal tersebut kemudian akan menurunkan jumlah predator, lalu menaikkan jumlah mangsa lagi.

Sehingga, terus berlanjut seperti sebuah siklus. Inilah mengapa populasi mangsa disebut sebagai faktor pembatas.

Baca juga: Perbedaan Predasi dan Parasitisme

Namun, sebagaimana disebutkan sebelumnya bahwa peningkatan populasi mangsa dapat menyebarkan penyakit lebih luas dan tidak terkendalinya jumlah makanan yang dimakan mangsa. Sehingga, dapat merusak keseimbangan alam.

Dampak yang terjadi jika mangsa mengalami penurunan

Jika mangsa mengalami penurunan, maka hanya sedikit makanan yang tersedia bagi predator.

Dilansir dari University of Washington, tanpa makanan yang cukup predator bisa mati.

Adapun, sebelum mati predator akan menghabiskan mangsa. Sehingga, penurunan populasi mangsa dapat menimbulkan kepunahan baik bagi mangsa dan juga predatornya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com