Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Petrichor, Aroma setelah Turunnya Hujan 

Kompas.com - 23/08/2023, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Petrichor berasal dari bahasa Yunani, petros yang artinya batu dan ichor yang berarti cairan yang mengalir di pembuluh darah para dewa.

Bau khas hujan saat pertama kali membasahi bumi adalah petrichor.

Proses terjadinya petrichor

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut proses terjadinya petrichor, yaitu: 

  • Petir dan ozon

Hujan biasanya disertai sambaran petir. Saat petir menyambar, molekulnya bersifat diatomik (memiliki dua atom) seperti oksigen dan nitrogen dipecah untuk membentuk nitrogen monoksida (NO) dan ozon (O3).

Molekul ozon kemudian terbawa bersama tetesan air hujan. Tahukah Anda bahwa ozon memiliki bau yang khas? Wewangian ini mempromosikan fenomena petrichor.

Baca juga: Dampak Positif Hujan Asam

  • Geosmin

Profesor Mark Butter, direktur mikrobiologi molekuler di John Innes Center (pusat penelitian dan pendidikan ilmu tanaman dan mikroba di Inggris), mengatakan bahwa saat kita mencium bau tanah basah, sebenarnya kita sedang mencium bau molekul yang dihasilkan oleh bakteri tertentu.

Aroma molekuler yang khas berasal dari geosmin, senyawa yang dihasilkan oleh bakteri aktinomiset di dalam tanah.

Tetesan air yang bersentuhan dengan tanah menyebabkan senyawa Geosmin menjadi terbawa udara, sehingga Geosmin ada di mana-mana.

Senyawa geosmin ini merupakan gabungan dari karbon (79,06 persen), hidrogen (12,17 persen) dan oksigen (8,77 persen). 

Manusia sensitif terhadap geosmin dan menciumnya dengan baik. Faktanya, hidung manusia dapat mendeteksi geosmin di udara pada 5 bagian per triliun.

  • Minyak alami tumbuhan

Tumbuhan menghasilkan senyawa yang dapat digambarkan sebagai sejenis minyak nabati di musim kemarau. Senyawa ini terakumulasi di sekitar bebatuan dan di dalam tanah.

Saat hujan, senyawa ini dilepaskan dan menyebar ke udara, berkontribusi pada bau unik petrichor. Senyawa ini mengandung asam stearat dan asam palmitat, sejenis asam lemak dengan rantai hidrokarbon yang panjang.

Jadi bisa dibayangkan ada banyak hal yang berkontribusi pada bau unik Petrichor. Terbuat dari geosmin, minyak nabati dan ozon, yang kemudian terbawa angin dan air hujan, yang dicium orang sebagai aroma tanah yang menyejukkan.

Baca juga: Klasifikasi Hujan Berdasarkan Proses Terjadi dan Banyak Sedikitnya Titik Air

Bau petrichor terasa menenangkan 

Disadur dari Live Science, aroma hujan ternyata bisa membangkitkan nostalgia. Hal ini didukung tidak hanya oleh perasaan emosional. Karena otak memainkan peran oenting antara penciuman dan perasaan nostalgia. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com