Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Organ Terbesar pada Tubuh Manusia?

Kompas.com - 29/07/2023, 17:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tubuh manusia memiliki 78 organ yang memiliki berbagai bentuk, fungsi, dan ukuran. Tahukah kamu apa organ terbesar pada tubuh manusia? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut!

Kulit

Organ terbesar pada tubuh manusia bukanlah jantung, otak, ataupun ginjal. Organ terbesar pada tubuh manusia adalah kulit.

Kulit adalah organ terbesar karena menutupi hampir semua bagian tubuh.

Dilansir dari Healthline, kulit hanya setebal 2 milimeter namun menyumbang sekitar 16 persen dari keseluruhan massa tubuh.

Baca juga: Fungsi Kulit bagi Tubuh Manusia

Dilansir dari National Geographic, kulit seorang dewasa dapat mencapai berat sekitar 3,6 kilogram dengan luas sekitar 2 meter persegi.

Dengan ukuran tersebut, tidak heran kulit menjadi organ terbesar pada tubuh manusia.

Lapisan terluar tubuh tersebut menyelubungi semua bagian tubuh seperti wajah, lengan, kaki, perut, dan juga kepala dan melindunginya dari lingkungan luar.

Hati

Setelah kulit, organ terbesar manusia selanjutnya adalah hati. Hati adalah organ dalam padat terbesar manusia yang terletak di sisi kanan tubuh.

Baca juga: Organ Hati: Bagian dan Fungsinya

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, hati memiliki berat lebih dari 3 pon atau 1,36 kilogram dan berukuran sebesar bola sepak.

Interstitum

Dilansir dari Scientific American, interstitium adalah ruang berisi cairan yang ditemukan di seluruh jaringan ikat tubuh seperti di bawah permukaan kulit, melapisi saluran pencernaan, paru-paru, sistem kemih, dan otot di sekitarnya.

Karena ditemukan di berbagai tempat di tubuh, interstitium disebut sebagai organ terbesar.

Namun, hal ini belum dapat dipastikan karena interstitium merupakan organ yang baru ditemukan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com