Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Cheetah Dapat Bergerak Sangat Cepat?

Kompas.com - 15/07/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Cheetah adalah kucing tercepat di planet ini, mereka dapat bergerak dan berakselerasi dengan cepat. Namun, tahukah kamu mengapa cheetah dapat bergerak dengan cepat?

Cheetah dapat bergerak lebih cepat dibanding hewan lain karena adanya perbedaan anatomi tubuh. Di mana kepala, kerangka, dan juga ekornya berbeda dari hewan lain dan khusus dirancang untuk berlari cepat. Berikut adalah penjelasannya!

Cheetah memiliki tubuh yang aerodinamis karena dapat meminimalkan gesekan dengan udara ketika berlari.

Di mana cheetah memiliki kepala yang kecil, moncong yang pendek, kaki yang panjang, dan tubuh yang ramping.

Baca juga: 7 Hewan Tercepat di Dunia

Dilansir dari Ask Dr. Universe, cheetah memiliki tulang belakang yang sangat fleksibel yang memungkinkannya menggerakkan kedua kaki belakangnya dengan sangat cepat.

Tulang belakang cheetah mirip seperti pegas yang fleksibel ketika kaki belakang cheetang manolak tanah untuk berlari.

Tulang belakang yang fleksibel juga didukung dengan pinggul yang unik. Sehingga cheetah dapat melangkah dengan jauh daripada kucing lainnya.

Dilansir dari How Stuff Works, jangkauan ayunan kaki cheetah dapat mencapai 7,6 meter. Hal tersebut membuat cheetah lebih lama di udara daripada di darat ketika berlari.

Kerangka yang fleksibel dan ramping dilapisi oleh jaringan otot yang unik dan kuat, membuat cheetah dapat berlari dengan sangat cepat.

Baca juga: Mengapa Cheetah dan Kuda Sangat Lincah?

Cheetah juga memiliki kuku yang tidak bisa ditarik ke dalam seperti kucing lainnya.

Ketika berlari, kuku cheetah mirip seperti gerigi akan memaksimalkan traksi dengan tanah dan mebuat mereka todak kehilangan kendali ketika berlari dalam kecepatan yang sangat tinggi.

Cheetah juga memiliki ekor yang panjang dan ringan. Otot cheetah berfungsi sebagai kemudi dan menyeimbangkan tubuh cheetah ketika berlari.

Baca juga: Mekanisme Kontraksi Otot

Telinga cheetah juga berperan dalam mendukung kecepatan tubuhnya.

Dilansir dari National Geographic, bentuk telinga bagian dalam cheetah memungkinkan mereka menjaga keseimbangan dan menjaga kepala mereka tetap diam saat berlari.

Selain telinga, cheetah juga memiliki lubang hidung yang besar dan paru-paru besar yang mendukung pernapasannya ketika berlari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com