Kompas.com - 14/03/2021, 17:00 WIB
Peregrine falcon Thomas KaestnerPeregrine falcon

KOMPAS.com - Setiap hewan di dunia memiliki kelebihan, yang bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan hidup mereka di alam liar.

Kelebihan tersebut juga bisa membantu hewan mendapat makanan, menghindari serangan predator atau hewan lain, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh kelebihan yang dimiliki hewan ialah kecepatan berlari, terbang atau berenang. Sehingga tidak mengherankan jika mereka dijuluki sebagai hewan tercepat di dunia.

Uniknya, mayoritas hewan tercepat di dunia ternyata merupakan predator atau pemangsa. Sebagian besar dari mereka ternyata merupakan hewan endemik di Afrika.

Tahukah kamu apa saja hewan tercepat di dunia? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Safaris Africana:

Peregrine Falcon (322 kilometer per jam)

Peregrine falcon merupakan burung alap-alap kawah. Ternyata kecepatan terbang burung ini berhasil mengalahkan citah yang hanya memiliki kecepatan maksimal berlari sekitar 120,7 kilometer per jam.

Baca juga: 7 Hewan dengan Usia Terpendek

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai hewan tercepat di dunia, peregrine falcon menjadi hewan predator yang paling ditakuti oleh mangsanya. Burung ini bisa ditemui dengan mudah di seluruh kawasan Amerika Utara, namun lebih sering di daerah pantai.

Black Marlin (132 kilometer per jam)

Ikan marliln hitamAuckland Museum Ikan marliln hitam
Ikan marlin hitam atau black marlin ditetapkan menjadi ikan tercepat di lautan. Ikan ini juga termasuk dalam daftar hewan tercepat di dunia.

Kecepatan berenangnya mencapai 132 kilometer per jam. Sebelumnya, para ahli menganggap jika sailfish atau ikan layaran merupakan ikan tercepat di lautan karena memiliki kecepatan berenang mencapai 112 kilometer per jam.

Namun, penelitian terbaru menyatakan jika black marlin menjadi ikan tercepat di lautan. Moncong ikan ini sekilas menyerupai moncong ikan layar, yakni panjang dan mirip tombak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.