Kompas.com - 07/03/2021, 11:25 WIB
Cheetah merupakan hewan darat tercepat Cheetah merupakan hewan darat tercepat

KOMPAS.com - Cheetah adalah binatang tercepat di darat dengan akselerasi yang sangat tinggi. Sedangkan kuda adalah binatang andalan manusia yang dikenal cepat dan dan sangat kuat.

Apakah yang membedakan dari cheetah dan kuda sehingga jauh lebih lincah dibanding hewan lainnya?

Yang membuat cheetah lincah adalah tulang, otot, cakar, dan ekornya yang dapat memberikan tolakan besar tanpa kehilangan keseimbangan.

Adapun yang membuat kuda lincah adalah struktur tulang, otot, organ paru-paru serta jantung, dan juga kukunya.

Cheetah, Hewan Darat Tercepat dengan Akselerasi Tinggi

Akselerasi adalah kemampuan meningkatkan kecepatan dari nol (diam) hingga titik tertentu. Dilansir dari National Geographic Society Newsroom, cheetah dapat mencaai kecepatan 69,5 mph hanya dalam tiga detik yang berarti cheetah berakselerasi lebi cepat dibanding mobil Ferrari Enzo yang membutuhkan waktu 3,3 untuk mencapai 60 mph.

Dari posisi diam saat mengintai, cheetah dapat melesat seperti peluru kearah mangsanya secara tiba-tiba. Cheetah memiliki tubuh ramping, tulang rusuk rata, tengkorak kepala yang kecil, kaki panjang yang stabil sehingga memberikan aerodinamika yang tinggi.

Baca juga: Mengapa Planet Tidak Saling Bertabrakan?

Dilansir dari BBC Wildlife Magazine, tulang belakang cheetah elastis dan fleksibel sehingga meningkatkan panjang langkahnya. Cakar cheetah sangatlah kuat untuk mencengkram tanah dan memberikan tolakan awal besar untuk berakselerasi.

Cheetah memiliki ekor yang panjang dan membantu menjaga keseimbangan tubuhnya dalam maneuver yang sangat lincah. Memungkinkan cheetah berbelok menukik dalam kecepatan tinggi tanpa terjatuh. Cheetah juga memiliki paru-paru yang besar dalam menunjang pernafasan selama berlari kencang.

Kuda, Hewan Kuat yang Cepat dan Lincah

Kuda adalah hewan yang luar biasa kuat. Dapat bergerak dengan cepat dan lincah dalam jarak pendek namun dapat berlari dengan sangat lama dan jauh dengan beban yang sangat kuat di punggungnya.

Pergerakan kuda yang lincah didukung oleh struktur tulang, otot, kuku, paru-paru dan jantung yang sangat besar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X