Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Stratifikasi Sosial dan Contohnya

Kompas.com - 06/07/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Menurut Max Weber dalam buku Stratifikasi Dan Mobilitas Sosial (2016) karya Indera Ratna Irawati Pattinasarany, stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, hak istimewa, dan kehormatan atau prestise. 

Berikut jenis-jenis dan contoh dari stratifikasi sosial: 

Jenis-jenis stratifikasi sosial

Jenis-jenis stratifikasi sosial meliputi stratifikasi sosial terbuka, tertutup, dan campuran. Berikut uraiannya:

Baca juga: Bentuk-Bentuk Bimbingan Sosial

Stratifikasi sosial terbuka

Stratifikasi sosial terbuka berupa stratifikasi memiliki ciri-ciri yaitu dinamisme dan mobilitas tinggi.

Dalam hal ini, setiap anggota masyarakat dapat bergerak bebas melalui kelas sosial, baik secara vertikal maupun horizontal.

Bahkan jika mobilitas yang diperlukan ini melewati perjuangan berat, kemungkinan satu kelas sosial yang berubah akan selalu ada.

Misalnya, seseorang yang hanya bekerja  sebagai pegawai biasa di kantornya mungkin akan dipromosikan menjadi manajer atau manajer di kantor cabang.

Beberapa contoh stratifikasi sosial terbuka meliputi:

  • Seorang penjual buah keliling sangat berkomitmen terhadap usaha kecilnya, sehingga dia bisa mengembangkan bisnis makanan jalanannya menjadi banyak cabang.
  • Ia  menjadi pengusaha restoran seafood berkat kegigihan usahanya. Ini mungkin menjadi faktor dalam pembentukan stratifikasi sosial. Penjaja makanan laut memiliki kemampuan untuk menjaring masyarakat kelas atas setelah menjadi bisnis restoran makanan lautnya berkembang.
  • Anak seorang sopir taksi yang bertahan kuliah dengan beasiswa mampu menjadi lulusan terbaik. Kemudian, ia juga bekerja di sebuah perusahaan mewah di ibu kota Indonesia.
  • Keberhasilan anak ini merupakan salah satu faktor yang membentuk stratifikasi sosial. Sebab, orang-orang dari kelas sosial rendah bisa naik. Dari kelas sosial menengah ke kelas atas berkat prestasi mereka. Dia juga mengangkat status orang tuanya pada saat yang bersamaan. Tanpa keterampilan, keahlian dan prestasi yang diperlukan untuk menjalankan profesinya, seseorang tidak dapat memenuhi syarat untuk menjadi seorang dokter. Ini adalah proses pembentukan stratifikasi sosial. Kegigihan seseoranglah yang menentukan apakah seseorang berasal dari kelas sosial terendah atau tertinggi.

Baca juga: Dimensi Dukungan Sosial Menurut Ahli

Stratifikasi sosial tertutup 

Stratifikasi sosial tertutup merupakan salah satu bentuk stratifikasi sosial yang bersifat diskriminatif karena sulit bergerak secara vertikal. Karena setiap anggota kelas sosial hanya melakukan gerakan horizontal.

Misalnya, sistem kasta dalam agama Hindu mengelompokkan anggotanya menjadi empat kasta, yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra.

Dalam sistem kasta, sulit bagi seseorang untuk berpindah kelas  atau strata sosial karena sistem kasta  diperoleh melalui  keturunan.

Beberapa contoh stratifikasi sosial tertutup dalam masyarakat, di antaranya:

  • Orang Bali hidup dengan sistem kasta di wilayahnya yang menyulitkan mereka untuk mengubah kasta strata sosialnya dalam proses ini. Dalam hal ini, sistem kasta membagi masyarakat Bali menjadi 4 kelompok, yaitu Sudra, Waisya, Ksatria dan Brahmana.
  • Kasta juga menentukan hak waris seseorang. Misalnya sistem kasta di Kerajaan Inggris atau kerajaan-kerajaan di Eropa. Seseorang yang merupakan keturunan raja dan ratu penguasa kerajaan pasti akan mewarisi atau menggantikan tahta raja atau ratu. Orang-orang dari garis keturunan kerajaan tentu juga  menempati kelas masyarakat tertinggi.

Baca juga: Pengertian Bimbingan Sosial Menurut Ahli

Stratifikasi sosial campuran 

Stratifikasi sosial campuran adalah gabungan antara stratifikasi sosial tertutup dan terbuka sehingga memiliki kesamaan karakteristik.

Seseorang dapat berpindah ke kelas sosial lain dengan berpindah ke suatu wilayah yang lapisan sosialnya terbuka.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com