Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demografi: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 12/04/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comCabang dari ilmu geografi yang mempelajari tentang dinamika penduduk disebut dengan demografi.

Secara khusus, cabang ilmu ini mempelajari, mengkaji, dan meneliti semua hal terkait penduduk beserta dinamikanya.

Apa itu demografi?

Pengertian demografi

Dikutip dari buku Pengantar Demografi dan Kependudukan (2021) oleh Ahmad Syaekhu, Shryock dan Siegel membagi pengertian demografi menjadi arti sempit dan luas.

Dalam pengertian sempit, demografi disebut sebagai formal demography. Kajian ini berfokus pada jumlah, distribusi, struktur, juga pertumbuhan penduduk.

Sebaliknya, dalam arti luas, demografi menekankan pada semua karakteristik penduduk, termasuk budaya, sosial, juga ekonomi.

Baca juga: Pengertian Bonus Demografi

Dilansir dari situs Investopedia, demogragfi atau yang dalam bahasa Inggris disebut demographic, adalah statistik yang menggambarkan populasi dan karakteristiknya.

Guna mengetahui karakteristik dari suatu populasi, dilakukanlah analisis demografi, yakni studi populasi berdasarkan faktor usia, ras, dan jenis kelamin.

Menurut Ruslan Majid dalam buku Dasar Kependudukan (2021), istilah demografi berasal dari bahasa Yunani, demos berarti rakyat, dan grafien artinya menulis.

Secara harfiah, demografi bisa diartikan sebagai tulisan atau karangan mengenai rakyat (penduduk).

Dalam konteks geografi, demografi adalah cabang ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia.

Jika disimpulkan, demografi adalah ilmu yang mempelajari dan mengkaji dinamika penduduk, mulai dari karakteristik hingga strukturnya.

Baca juga: Pengertian Bonus Demografi dan Manfaatnya

Contoh demografi

Salah satu contoh demografi adalah usia yang menjadi salah satu faktor demografis terpenting. Sebab, usia merupakan indikator utama karakteristik penduduk.

Selain usia, contoh demografi lainnya adalah jenis kelamin, pendidikan, tingkat pendapatan, minat (kesukaan), bahasa, dan asal wilayah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com