Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Keyboard dan Piano

Kompas.com - 15/03/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comKeyboard dan piano, keduanya adalah alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan. Namun, tahukah kamu apa perbedaan keyboard dan piano? Untuk mengetahuinya, berikut adalah perbedaan keyboard dan piano!

Jenis instrumen

Perbedaan keyboard dan piano adalah penggolongan jenis instrumennya. Keyboard tergolong ke dalam instrumen atau alat musik elektrik, sedangkan piano tergolong ke dalam alat musik akustik.

Artinya, keyboard memerlukan listrik untuk menghasilkan suara, sedangakan piano tidak.

Baca juga: Perbedaan Alat Musik Akustik dan Elektrik

Cara kerja

Perbedaan keyboard dan piano selanjutnya adalah cara kerja keduanya. Piano menghasilkan suara melalui getaran fisik tanpa memerlukan listrik.

Dilansir dari Explain That Stuff, ketika menekan tuts piano, palu kecil dalam piano akan menekan senar, menggetarkannya dan menghasilkan nada.

Sedangkan, keyboard bekerja secara elektrik. Di mana saat tuts keyboard ditekan, ada logam yang akan menyentuh suatu titik di papan sirkuit dan menghasilkan arus listrik. Listrik tersebut kemudian diubah menjadi suara dan menghasilkan nada.

Baca juga: Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Ukuran dan berat

Perbedaan keyboard dan piano adalah ukuran dan beratnya. Piano memiliki ukuran dan berat yang jauh lebih besar daripada keyboard.

Dilansir dari Hello Music Theory, berat piano adalah sekitar 500 hingga 800 pon atau sekitar 226 hingga 362 kilogram.

Sedangkan, keyboard memiliki ukuran dan berat yang jauh lebih kecil. Sebuah keyboard memiliki berat berkisar 20 hingga 50 pon atau sekitar 9 hingga 22 kilogram saja.

Karena ukuran dan beratnya yang jauh berbeda, keyboard lebih mudah dibawa dan dipindahkan daripada piano.

Baca juga: 10 Contoh Alat Musik Ritmis 

Harga

Perbedaan keyboard dan piano selanjutnya adalah harga. Piano memiliki harga yang lebih mahal daripada keyboard.

Hal tersebut dikarenakan piano memerlukan lebih banyak bahan, pemeliharaan yang kompleks, lebih berat, dan sulit dipindahkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com