Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

Kompas.com - 15/01/2021, 19:58 WIB
Ilustrasi alat musik Ilustrasi alat musik

KOMPAS.com - Alat musik dibagi menjadi tiga kategori, yaitu berdasarkan fungsi, cara memainkannya serta sumber bunyi. Semuanya memiliki karakteristiknya masing-masing.

Jika berdasarkan fungsinya alat musik dibagi menjadi tiga, yakni alat musik melodis, alat musik harmonis, serta alat musik ritmis.

Sedangkan jika berdasarkan cara memainkannya, ada alat musik yang dimainkan dengan digesek, ditiup, dipukul, ditekan, serta dipetik.

Lalu, bagaimana dengan pembagian alat musik berdasarkan sumber bunyinya?

Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan Goshen College:

Idiofon

Kelompok gamelan Jawa Surya Kencana Dok. KBRI Budapest Kelompok gamelan Jawa Surya Kencana
Alat musik yang sumber bunyinya dari idiofon dihasilkan dari getaran badan alat musiknya. Biasanya suara ini dihasilkan dari alat musik yang dipukul serta digoyangkan.

Contohnya adalah gong, saron, bonang, angklung, dan lain sebagainya.

Baca juga: Memainkan Alat Musik Melodis

Membranofon

Penabuh gendang beleq atau sekehe turut mengelilingi kemalik dalam prosesi perang topat, di Pura Lingsar, Lombok Barat, Rabu (11/12/2019). Gendang Beleq adalah tarian suku sasak menyambut kedatangan prajurit perang. Dalam perkembangannya gedang Beleq digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI Penabuh gendang beleq atau sekehe turut mengelilingi kemalik dalam prosesi perang topat, di Pura Lingsar, Lombok Barat, Rabu (11/12/2019). Gendang Beleq adalah tarian suku sasak menyambut kedatangan prajurit perang. Dalam perkembangannya gedang Beleq digunakan untuk menyambut tamu kehormatan.

Berbeda dengan idiofon, alat musik yang sumber bunyinya dari membranofon dihasilkan dari bagian selaput yang ada pada badan alat musik.

Biasanya suara ini dihasilkan dari alat musik yang dipukul dengan alat atau dengan tangan. Contohnya adalah gendang, tifa, rebana, bass drum, dan lain sebagainya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X