Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyublim: Pengertian, Proses, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 28/02/2023, 23:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Menyublim adalah bentuk perubahan wujud suatu benda padat menjadi benda gas tanpa melalui proses cair. Di dalam proses menyublim membutuhkan energi panas atau kalor.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menyublim berasal dari kata sublim yang memiliki arti perubahan zat padat menjadi uap.

Menyublim merupakan salah satu bentuk perubahan fisika, karena dalam proses menyublim tidak disertai dengan terbentuknya zat baru.

Selain itu, proses menyublim ini bisa dilihat atau diamati dengan mata langsung atau mata telanjang dari hanya tampilan fisiknya atau penampilan luar.

Baca juga: Contoh Peristiwa Menyublim dalam Kehidupan Sehari-hari

Proses menyublim

Proses menyublim adalah membuat molekul yang semula saling berdekatan menjadi saling berjauhan dan tidak beraturan. Proses menyublim merupakan hasil dari tekanan uap dan hubungan suhu. 

Benda padat merupakan benda yang memiliki jarak molekul berdekatan dengan gaya tarik yang kuat.

Sementara itu, benda gas memiliki bentuk seperti udara yang jarak molekulnya berjauhan dan tidak beraturan, gaya tarik benda gas pun cenderung lemah. Gas bisa dikatakan sebagai zat yang cukup ringan dan sifatnya hampir sama seperti udara.

Contoh proses menyublim

Beberapa contoh proses menyublim dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  • Kapur barus atau kamper

Kapur barus yang diletakan di sekitar rumah biasanya berguna untuk menghilangkan bau atau juga serangga. Kapur barus atau kamper yang bila dibiarkan dalam lemari pakaian yang kita gunakan pasti lama kelamaan akan menjadi mengecil dan habis.

  • Es kering atau dry ice

Es kering atau dry ice jika dibiarkan dalam udara terbuka akan mengalami proses penyubliman. Kandungan karbondioksida atau CO2 pada es kering tidak mencair ketika dipanaskan melainkan langsung berubah wujud menjadi gas. Dry ice menyublim pada suhu -78 derajat celcius dibawah tekanan atmosfer normal yaitu 1 atm.

  • Yodium

Yodium yang padat ketika dipanaskan akan menyublim dan menjadi yodium gas. Yodium gas bisa berubah kembali menjadi yodium padat setelah melalui proses pendinginan.

Baca juga: Zat Mineral yang Berguna untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

  • Salju yang mencair

Salju terbentuk dari kristal-kristal yang rumit dengan bidang permukaannya yang luas. Semakin besar luas permukaan salju yang terpapar udara, maka semakin banyak molekul yang dapat menyublim.

  • Es batu yang baru keluar dari lemari pendingin

Es batu identik dengan perubahan wujud dari benda padat ke benda cair atau disebut mencair. Namun, tidak hanya itu ketika es batu yang baru dikeluarkan dari kulkas dan ditaruh dalam suhu ruang akan mengeluarkan asap yang banyak. Hal ini dapat terjadi karena es tidak hanya mencair namun mengalami peristiwa menyublim.

  • Pengeringan beku (freeze-drying)

Teknik sublimasi juga sering dilakukan dalam dunia kuliner atau industri makanan yaitu pada pengeringan beku. Teknik ini bisa menjaga kualitas makanan karena menggunakan suhu yang sangat rendah.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com