Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pantai dalam Aktivitas Manusia

Kompas.com - 10/02/2023, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pantai menjadi salah satu kenampakan alam yang patut kita syukuri. Karena banyak sumber daya alam yang terkandung di dalamnya.

Keberadaan sumber daya tersebut membantu manusia dalam berbagai aktivitas. Misal mendapat pekerjaan dan menjadi sumber nutrisi.

Apa manfaat pantai dalam aktivitas manusia?

Manfaat pantai

Dilansir dari Eksplorasi Potensi Fisik Pantai Jogan, Nglambor, dan Siung sebagai Kawasan Wisata (2015) oleh Tendi Eko dan Qomarun, berikut manfaat pantai dalam aktivitas manusia:

  • Area tambak garam

Manfaat pantai bagi manusia ialah sebagai area atau lahan tambak garam. Adalah sebidang tanah yang digunakan untuk mengumpulkan dan memproduksi garam.

  • Pertanian pasang surut

Dalam situs Litbang Pertanian dituliskan bahwa pertanian pasang surut adalah lahan yang tergantung pada pasang surut air laut.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Pesisir Pantai

Jadi, jenis lahan ini sumber pengairannya tergantung pada air sungai, di mana air tersebut dipengaruhi kondisi air laut, apakah pasang atau surut.

  • Obyek pariwisata

Manfaat pantai dalam aktivitas manusia ialah sebagai obyek pariwisata. Seperti yang kita ketahui, banyak pantai di Indonesia saat ini dikelola menjadi tempat pariwisata. 

Hal ini memengaruhi kondisi masyarakat sekitar pantai, di mana mereka juga menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata.

  • Pengembangan industri kerajinan

Bagi manusia, pantai juga bermanfaat sebagai area pengembangan industri kerajinan. Contoh, kerajinan tangan dari kerang atau semacamnya.

Dikutip dari situs Water Gate Bay, pantai juga bermanfaat untuk meningkatkan interaksi sosial dan kebersamaan.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pantai dan Manfaatnya

Maksudnya pantai menjadi lokasi yang cocok untuk bermain, rekreasi, atau sekadar mencari hiburan semata.

Selain itu, manfaat pantai dalam aktivitas manusia ialah mencegah pemukiman penduduk terkena gelombang laut ketika sedang pasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com