Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Format Cell dan Tipe Numbernya pada Microsoft Excel

Kompas.com - 09/02/2023, 20:30 WIB
Retia Kartika Dewi,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft Excel adalah program aplikasi dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.

Perangkat lunak ini berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau disebut spreadsheet. Keahlian utama dari Excel adalah mengolah data yang bersifat numerik (angka).

Adapun tabel-tabel yang dimaksud adalah ribuan cell yang berderet. Cell itu bisa disesuaikan oleh user dan memiliki beberapa tipe format.

Berikut informasi seputar pengertian Format Cell dan Tipe Format Cell Number:

Baca juga: Microsoft Excel: Pengertian dan Fungsinya

Format cell dalam Microsoft Excel

Dikutip dari buku Informatika (2020) karya Henry Pandia, pengertian format cell adalah pemformatan data dalam cell untuk memberikan suatu sifat atau tipe dari data tersebut.

Format cell pada excel digunakan untuk memberikan suatu tampilan pada data, agar lebih mudah dalam membaca data tersebut dan data juga lebih rapi serta enak dipandang. 

Misalnya, jika menambahkan data angka, tanggal, dan jam pada Excel, secara default format cell yang digunakan adalah type general, hal ini akan sulit untuk membacanya jika kita bekerja dengan data yang besar atau dengan digit angka yang banyak.

Oleh karena itu, dengan menggunakan format cell kita dapat menyajikan data dengan tampilan yang baik.

Format cell adalah kotak dialog yang menangani masalah pemformatan terhadap property dalam satu cell.

Baca juga: Ukuran Kolom Microsoft Excel Bisa Disamakan dengan Mudah lewat Cara ini

Jenis pemformatan cell ada 6 tipe, yakni:

  • Format cell Number
  • Format cell Alignment
  • Format cell Font
  • Format Border
  • Format cell Fill
  • Format Protection

Tipe format cell Excel Number

Tipe format cell excel number biasanya digunakan untuk memformat data angka dengan bentuk yang lebih luas. Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut tipe format cell excel number, yaitu:

  • Number

Number biasanya digunakan untuk memformat khusus data angka dengan pilihan decimal places untuk angka desimal, penggunaan separator angka dengan koma, serta pemformatan tipe angka negatif.

  • Currency

Currency biasanya digunakan untuk memformat data angka yaitu dengan tampilan simbol mata uang. Contohnya kita dapat menambahkan tampilan angka dengan simbol Rupiah (Rp).

Baca juga: Cara Menghitung Rata-rata di Excel, Mudah dan Cepat

  • Accounting

Accounting hampir sama dengan Currency, bedanya Accounting biasanya digunakan untuk memformat data angka dengan simbol mata uang, letak perbedaannya yaitu tampilan datanya saja.

Tipe accounting kalau kita perhatikan simbol dengan angka akan dipisahkan, sedangkan pada currency simbol dan angka akan menempel.

  • Date

Date biasanya digunakan untuk memformat data angka dengan tampilan tanggal. Kita dapat memilih pada bagian type sesuai kebutuhan. Contoh, Sabtu, 21 Agustus 2021.

  • Time

Time biasanya digunakan untuk memformat data jam atau waktu. Kita dapat memilih type format time 24 jam ataupun menggunakan AM/PM.

  • Percentage

Format Percentage yaitu digunakan untuk memformat angka dalam bentuk persen.

  • Custom

Custom yaitu untuk memformat angka tertentu dengan tampilan custom, misalnya pewarnaan angka negatif, memberikan nilai teks, dan lainnya. 

Baca juga: Panduan 9 Rumus Excel Lengkap bagi Mahasiswa-Fresh Graduate

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com