Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Vitamin B6 dan B12

Kompas.com - 01/02/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Vitamin B terbagi menjadi beberapa jenis, dua di antaranya adalah vitamin B6 dan B12. Apakah perbedaan vitamin B6 dan B12? Berikut adalah pembahasannya!

Senyawa

Perbedaan vitamin B6 dan B12 yang pertama adalah senyawanya. Vitamin B6 adalah senyawa piridoksin yang terbentuk dari enam senyawa lain. Sedangkan, vitamin B12 adalah senyawa kobalalamin.

Dosis yang diperlukan

Vitamin B6 dan B12 adalah vitamin yang dibutuhkan manusia, namun keduanya memiliki dosisi kebutuhan yang berbeda.

Baca juga: Jenis Vitamin Beserta Sumber dan Manfaatnya

Dilansir dari Healthday, orang dewasa memerlukan 1,3 miligram vitamin B6 dan 2,4 mikrogram vitamin B12. Artinya, tubuh kita memerlukan lebih banyak vitamin B6 daripada vitamin B12.

Manfaat

Perbedaan vitamin B6 dan B12 selanjutnya adalah manfaatnya.

Vitamin B6 bermanfaat untuk mempertahankan kadar homosistein, membantu kerja enzim, transmisi sinyal sistem saraf, fungsi otak, dan metabolisme tubuh.

Baca juga: Mengenal 9 Sifat Enzim

Adapun dilansir dari Harvard School of Public Health, vitamin B12 bermanfaat untuk membentuk sel darah merah dan DNA, memainkan peran kunci dalam fungsi dan perkembangan otak, meregenerasi saraf, dan membantu metabolisme tubuh.

Dampak konsumsi berlebihan

Perbedaan vitamin B6 dan vitamin B12 selanjutnya adalah dampak yang terjadi jika kedua vitamin tersebut dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari Everlywell, kelebihan vitamin B12 tidak memberikan risiko sedangkan kelebihan vitamin B6 menyebabkan risiko:

  • Kerusakan saraf
  • Kepekaan terhadap sinar matahari
  • Mual
  • Mag

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com