Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Perubahan Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 21/11/2022, 13:01 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sama halnya dengan wujud benda lainnya, wujud benda padat juga bisa mengalami perubahan meskipun bentuk atau volumenya selalu tetap.

Perubahan pada benda padat dapat berupa perubahan bentuk dan wujud yang bisa diikuti dengan perubahan warna dan bau dari benda padat tersebut.

Jadi dalam perubahan bentuk dan wujud pasti akan diikuti dengan perubahan warna dan bau pada benda padat tersebut.

Perubahan wujud benda padat juga bisa terjadi secara alami atau perubahan fisika dan kimia. Perubahan pada benda padat kemudian bisa kita kenali dari proses perubahannya, seperti mencair, menyublim, atau membeku yang membutuhkan energi atau kalor dalam proses perubahannya.

Berikut ini penjelasan tentang perubahan pada benda padat beserta contoh perubahannya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari: 

Baca juga: Benda Padat: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

Perubahan benda padat pada bentuk 

Perubahan bentuk adalah perubahan benda padat menjadi benda padat lainnya yang berbeda bentuknya.

Perubahan bentuk pada benda padat menjadi benda padat lainnya tetap memerlukan cara khusus untuk merubahnya dan akan merubah struktur molekul pada benda padat itu pula.

Jadi perubahan bentuk pada benda padat dapat terjadi secara perubahan fisika sekaligus perubahan kimia yang bisa mengganti unsur kimia yang ada pada benda padat tersebut. 

Perubahan bentuk benda padat secara kimia tidak dapat mengembalikan wujud asli benda padat tersebut sebelum terjadi perubahan.

Berikut ini contoh benda padat yang mengalami perubahan bentuk: 

  • Plastik 

Plastik termasuk dalam benda padat karena memiliki massa jenis atau kerapatan molekul yang tinggi dan memiliki sifat yang lentur, sedikit kuat, dan licin.

Jika plastik mengalami proses pemanasan, maka benda ini dapat berubah menjadi bentuk benda yang beragam, seperti ember, baskom, kursi, meja, lemari, piring, gelas, dan berbagai benda bahan plastis lainnya.

Bahan plastik dianggap menjadi bahan yang mudah ditemukan dan harganya yang murah, itulah sebabnya kita mudah menemukan benda padat berbahan plastik.

Dalam perubahan bentuk ini tidak terjadi perubahan kimia karena unsur kimia pada plastik masih sama namun hanya bentuknya saja yang berbeda, yakni ada yang bertambah dan ada pula yang berkurang.

Baca juga: Perubahan Wujud Benda: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com