Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat Kimia dan Fisika Protoplasma

Kompas.com - 11/08/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comProtoplasma adalah struktur hidup yang membedakan makhluk hidup dan tidak hidup. Protoplasma memiliki sifat kimia dan fisika. Apa saja sifat fisika dan kimia protoplasma? Berikut adalah penjelasannya!

Sifat kimia protoplasma

Terbentuk dari zat organik dan anorganik

Dilansir dari Biology Discussion, secara kimia protoplasma terdir dari zat anorganik dan organik.

Zat anorganik terbanyak yang menyusun protoplasma adalah air, yaitu sekitar 80 hingga 90 persen dari keseluruhan protoplasma.

Baca juga: Tiga Komponen Utama Sel Makhluk Hidup

Selain air, zat organik lainnya yang membentuk protoplasma adalah garam, karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, fosfor, sulfur, garam anorganik, dan berbagai unsur makro dan mikronutrien lainnya.

Adapun, zat organik yang membentuk protoplasma adalah protein, karbohidrat (monosakarida, disakarida, dan polisakarida), lipid (lemak), asam nukleat, hormon, dan sejumlah kecil unsur organik lainnya.

Mengandung enzim

Sifat kimia protoplasma selanjutnya adalah mengandung enzim sebagai biokatalisator reaksi biokimia tubuh.

Misalnya, enzim hydrolase, urease, selulase, xylanase, dan berbagai makroenzim lainnya.

Baca juga: Struktur Enzim dan Klasifikasinya

Sifat fisika protoplasma

Penampilan fisik

Sifat protoplasma yang pertama adalah penampilan fisiknya. Protoplasma adalah cairan kental seperti jeli yang tidak berwarna dan dibatasi oleh membran sel.

Bersifat koloid

Protoplasma bersifat koloid karena mengandung banyak zat terlarut di dalam cairannya.

Protoplasma mengandung zat terlarut seperti garam, karbohidrat, lemak, protein, asam nukleat, amineral dalam bentuk ion atau molekul, dan berbagai makromolekul.

Adapun, zat terlarut tersebut tidak benar-benar terlarut melainkan membentuk koloid. Hal tersebut membuat protoplasma memiliki berbagai sifat koloid.

Baca juga: Jenis-jenis Koloid dan Sifatnya

Gerak brown

Karena merupakan koloid, partikel-partikel dalam protoplasma juga melakukan gerak brown. Yaitu gerakan partikel-partikel dalam protoplasma dalam jalur kompleks yang terjadi secara terus-menerus.

Efek tyndall

Sifat fisik protoplasma sebagai koloid selanjutnya adalah efek tyndall. Di mana partikel-partikel dalam protoplasma akan menghamburkan cahaya yang dilewatkan kepadanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com