Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Padat: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 21/11/2022, 08:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com Benda padat adalah bentuk wujud benda yang memiliki wujud padat dengan massa dan menempati sebuah ruang atau berada pada volume tertentu.

Sifat benda padat yang paling jelas adalah memiliki bentuk dan ukuran yang tetap sebelum akhirnya diberi tindakan untuk melakukan perubahan.

Benda padat juga memiliki daya tarik antara molekul yang sangat kuat sehingga bentuk benda padat ini bisa memiliki volume yang tetap dengan kerapatan molekul yang besar. 

Baca juga: 3 Wujud Benda dan Sifatnya

Sifat benda padat 

Berikut beberapa sifat benda padat, yaitu: 

  • Bentuknya tetap

Sifat benda padat yang paling tampak adalah bentuknya yang selalu tetap dalam kondisi tertentu, baik dalam wadahnya atau di ruangan terbuka. Bentuknya yang padat memerlukan cara atau proses tertentu untuk mengubahnya. 

Artinya benda padat sulit mengalami perubahan secara alami untuk beberapa bahan padat tertentu, seperti plastic, kayu, besi, logam, dan sebagainya.

Untuk merubahnya perlu energi panas atau kalor untuk mengubah bentuk atau wujudnya. Namun ada pula benda padat yang mudah yang mudah berubah seperti es batu.  

  • Volume tetap

Selain bentuknya yang tetap, benda padat juga memiliki sifat yang volumenya tetap. Hal ini dipengaruhi karena bentuknya yang tetap sehingga massanya pun cenderung tetap, sehingga volume benda padat tidak mudah berubah dalam kondisi tertentu.

Untuk mengubah volume benda padat memerlukan cara dan proses perubahan bentuk atau wujud agar bisa mengurangi atau menambah volumenya. Hasil perubahan menjadi benda padat juga akan menentukan volume benda yang tetap. 

Baca juga: Perubahan Wujud Benda: Pengertian dan Jenis-jenisnya

  • Dapat diubah bentuknya dengan cara tertentu 

Sama seperti sifat benda lainnya, benda padat juga bisa mengalami perubahan bentuk dan wujud lainnya, yakni benda cair atau gas.

Meskipun bentuk dan volumenya yang cenderung tetap namun benda padat dapat mengalami perubahan bentuk dan wujud dengan cara tertentu.

Seperti Mencair dan menyublim yang bisa mengubah bentuk dan wujud benda padat dengan beberapa gejala, yakni perubahan warna dan bau.

Berubahnya benda padat dapat mengalami proses atau cara yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan waktu dan alat-alat tertentu.

Misalnya untuk mengubah kayu menjadi kertas, kursi, lemari, meja, dan sebagainya membutuhkan waktu dan cara tertentu.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com