Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn

Kompas.com - 28/09/2022, 07:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pengklasifikasian iklim di planet bumi bukan lagi merupakan hal baru. Justru sudah ada sejak zaman dahulu, hal ini karena iklim memang berbeda-beda dan perlu diklasifikasikan menurut golongan-golongan tertentu. 

Pengklasifikasian ini telah dilakukan oleh beberapa orang yang ahli di bidangnya sehingga pengklasifikasian iklim pun ada beberapa macam salah satunya adalah klasifikasi iklim menurut junghuhn yang ditemukan oleh Franz Wilhelm Junghuhn.

Pengklasifikasian iklim menurut junghuhn ini sangat erat kaitanya dengan wilayah Indonesia, karena junghuhn sendiri mengadakan penelitian mengenai iklim di wilayah Sumatra Selatan serta Dataran Tinggi Bandung.

Franz Wilhelm Junghuhn melakukan penelitian di wilayah Sumatra Selatan dan juga di Dataran Tinggi Bandung untuk membandingkan iklim yang didasarkan pada ketinggian suatu tempat.

Baca juga: Klasifikasi Iklim Menurut Para Ahli

Seperti kita ketahui bahwasanya makin tinggi suatu tempat maka udara yang dirasakan makin sejuk dan dingin.

Klasifikasi iklim menurut Franz Wilhelm Junghuhn membagi iklim berdasarkan ketinggian suatu tempat ke dalam empat kelompok, yakni iklim panas, iklim sedang, iklim sejuk, dan iklim dingin. 

Berikut penjelasannya: 

Iklim panas

Iklim panas terdapat pada daerah yang mempunyai ketinggian nol hingga 650 meter. Di daerah dengan ketinggian ini, rata-rata suhu antara 22 hingga 26,3 derajat celcius.  

Iklim di daerah ini merupakan iklim yang paling panas daripada daerah yang lainnya, maka dari itu tidak semua tumbuhan  bisa kita tanam, terlebih tumbuhan yang membutuhkan udara dingin.

Tumbuh-tumbuhan yang dapat tumbuh dengan baik, yaitu padi, jagung, karet, tebu, dan kelapa.

Baca juga: Pengertian Cuaca dan Iklim

Iklim sedang

Iklim sedang terdapat pada daerah yang mempunyai ketinggian antara 650 hingga 1.500 meter.

Di daerah ini suhu udara yang akan kita rasakan rata-rata antara 17,1 hingga 22 derajat celcius. Iklim ini dirasa lebih dingin daripada iklim yang sebelumnya.

Tumbuhan yang dapat tumbuh dengan baik, yaitu tembakau, kopi, dan coklat.

Iklim sejuk

Iklim sejuk terdapat pada daerah yang mempunyai ketinggian 1.500 hingga 2.500 meter.

Di tempat ini, rata-rata suhu udara  antara 11,1 hingga 17,1 derajat celcius  Tumbuhan yang dapat tumbuh dengan baik, yaitu teh, kopi, kina, dan sayur-sayuran.

Baca juga: Iklim: Pengertian dan Jenis-jenis Iklim di Dunia

Iklim dingin

Iklim dingin terdapat pada daerah yang mempunyai ketinggian di atas 2.500 meter. Di tempat ini rata-rata suhu udara yang akan kita rasakan sekitar 6,2 hingga 11,1 derajat celcius.

Pada wilayah iklim dingin tidak ditemukan tanaman budidaya. Tanaman yang dapat hidup di iklim dingin ini adalah lumut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com