Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Globalisasi Ekonomi: Pengertian dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 26/09/2022, 15:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Globalisasi dapat diartikan sebagai proses ketika teknologi, pemikiran, informasi, dan gaya hidup masyarakat jadi mendunia. 

Globalisasi memengaruhi berbagai bidang, termasuk bidang ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan globalisasi ekonomi? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian globalisasi ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah fenomena terjadinya pembauran ekonomi serta munculnya ketergantungan ekonomi antarbangsa, baik di level lokal, regional, bahkan nasional.

Globalisasi ekonomi terjadi melalui pergerakan yang intensif dari produk teknologi, barang, jasa, dan modal. 

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Berbagai Bidang Kehidupan

Globalisasi di sektor ekonomi kekinian muncul karena cepatnya perkembangan informasi pada semua aktivitas yang bersifat produksi, pemasaran, serta sains dan teknologi.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, globalisasi ekonomi menempatkan dunia menjadi suatu kesatuan, tujuannya adalah untuk membangun sebuah kawasan perniagaan yang luas dan melewati batasan negara.

Globalisasi ekonomi juga berkaitan erat dengan fenomena perdagangan bebas yang berupaya menghapus berbagai hambatan pada proses perdagangan di kancah internasional.

Serangkaian hambatan itu biasanya disebabkan oleh tarif ekspor dan atau impor yang terlampau tinggi sehingga menyebabkan harga barang tak lagi bersaing dengan sehat.

Baca juga: Pengertian Ekspor dan Impor

Hambatan lainnya dapat pula berwujud politik dalam perdagangan yang dianut oleh suatu negara.

Tujuan politik tersebut tak lain tak bukan adalah untuk melakukan proteksi terhadap proses produksi di dalam negara itu. Berdasarkan teori, perdagangan bebas menolak beragam hambatan tersebut.

Ciri-ciri globalisasi ekonomi 

Ciri-ciri terjadinya globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Teknologi berkembang demikian pesat, bahkan melintas ruang dan waktu. Eksistensi dari produk teknologi seperti satelit, televisi, handphone, dan terutama internet, berhasil menciptakan proses komunikasi dalam lingkup global yang berlangsung dengan cepat.
  • Masalah global yang menyedot perhatian seluruh dunia pun meningkat intensitasnya, sebagai contoh, krisis yang bersifat multinasional, regulasi wilayah, serta yang paling banyak diperhatikan saat ini adalah mengenai lingkungan hidup.
  • Munculnya ketergantungan pada produksi ekonomi dan pasar di negara-negara dunia yang diakibatkan oleh perdagangan global.
  • Terjadinya interaksi yang bersifat kultural dan melintasi budaya antarwarga dunia tentang beragam hal baru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com