Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Positif Sebelum dan Sesudah era Globalisasi di Bidang Ekonomi

Kompas.com - 18/10/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Era globalisasi telah membawa perubahan positif di bidang ekonomi. Perubahan ini terlihat jelas saat sebelum dan sesudah globalisasi terjadi.

Menurut Patta Rapanna dan Yana Fajriah dalam buku Menembus Badai Ekonomi dalam Perspektif Kearifan Lokal (2018), secara bahasa, globalisasi terdiri atas dua kata, yakni global dan sasi.

Global berarti mendunia, dan sasi berarti proses. Jadi globalisasi dapat diartikan sebagai proses suatu hal yang mendunia.

Globalisasi dapat membawa perubahan di berbagai bidang, baik yang positif, ataupun negatif. Berikut beberapa perubahan positif di bidang ekonomi, sebelum dan sesudah era globalisasi:

Kemudahan dalam melakukan ekspor dan impor

Sebelum era globalisasi: negara belum mengenal kegiatan ekspor dan impor.

Sesudah era globalisasi: dalam jurnal Analisa Dampak Globalisasi terhadap Perdagangan Internasional (2019) karya Mastriati Hini Hermala Dewi, disebutkan bahwa semenjak adanya era globalisasi, negara semakin mudah menjalankan kegiatan ekspor impor, khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan suatu negara.

Baca juga: Perubahan Positif Sebelum dan Sesudah era Globalisasi di Bidang Pendidikan

Memperbanyak lapangan kerja

Sebelum era globalisasi: lapangan kerja sudah tersedia.

Sesudah era globalisasi: adanya era globalisasi dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan. Salah satu alasannya karena banyak perusahan asing yang mendirikan perusahaannya di negara lain.

Produk barang atau jasa semakin dikenal luas

Sebelum era globalisasi: barang atau jasa hanya dapat dikenal oleh penduduk lokal.

Sesudah era globalisasi: perusahaan bisa dengan bebas mengenalkan barang atau jasa ke dunia internasional. Salah satunya lewat promosi media online ataupun lewat kegiatan ekspor dan impor.

Teknologi untuk memproduksi barang jauh lebih canggih

Sebelum era globalisasi: produksi barang dilakukan dengan cara tradisional.

Sesudah era globalisasi: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi penemuan mesin berteknologi canggih. Sehingga cara kerja manusia, termasuk produksi barang, jauh lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Contoh Globalisasi yang Terjadi di Daerah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com