Kompas.com - 18/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi permasalah ekonomi makro freepik.com/xb100Ilustrasi permasalah ekonomi makro

KOMPAS.com - Ekonomi makro membahas aktivitas perekonomian dalam skala besar. Permasalahan yang dibahas di dalamnya tidak hanya menyangkut produsen, distributor, dan konsumen, melainkan juga melibatkan pemerintah, lembaga resmi, serta pihak lainnya.

Menurut Abdul Rahman Suleman dan kawan-kawan dalam buku Ekonomi Makro (2020), ekonomi makro adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas kondisi perekonomian negara maupun suatu kawasan, secara detail (luas) dan menyeluruh (komprehensif).

Permasalahan ekonomi makro dan penyelesaiannya

Salah satu permasalahan ekonomi yang termasuk cakupan dalam ekonomi makro adalah neraca pembayaran internasional atau neraca pembayaran atau balance of payments.

Neraca ini memuat ikhtisar mengenai semua transaksi ekonomi luar negeri oleh penduduk suatu negara dalam jangka waktu tertentu.

Selain neraca pembayaran internasional, masih ada beberapa permasalahan ekonomi makro lainnya. Apa sajakah itu dan bagaimana cara penyelesaiannya? Berikut penjelasannya:

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi Kapitalis, Ciri-Ciri, Dampak, dan Contohnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak inflasishutterstock.com Dampak inflasi
Inflasi

Mengutip dari Buku Ajar Teori Ekonomi Makro (2018) karya Sattar dan Silvana Kardinar Wijayanti, inflasi adalah naiknya harga komoditas yang disebabkan oleh tidak seimbangnya pengadaan komoditas dengan tingkat pendapatan masyarakat.

Cara mengatasi inflasi:

Dalam buku Pengantar Ekonomi Makro Kontemporer (2021) karya Ichsannudin dan Hery Purnomo, disebutkan bahwa ada dua cara untuk mengatasi inflasi, yakni dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

Kebijakan moneter dilakukan dengan menambah atau mengurangi jumlah peredaran uang. Contohnya penerapan kebijakan suku bunga dan kebijakan operasi pasar terbuka.

Sementara itu, kebijakan fiskal dilakukan dengan memengaruhi penerimaan serta pengeluaran pemerintah. Contohnya menghemat pengeluaran pemerintah, melakukan pinjaman, dan menaikkan tarif pajak.

Baca juga: Contoh Jenis Kegiatan Ekonomi beserta Lapangan Pekerjaan, Hasil, dan Penyebaran Barang

Pengangguran

Permasalahan ini terjadi karena adanya kesenjangan penyediaan lapangan kerja dengan jumlah tenaga kerja yang mencari pekerjaan. Pengangguran juga dapat disebabkan oleh kesenjangan informasi serta keahlian yang dimiliki.

Cara mengatasi pengangguran:

Rustan dalam buku Pusaran Pembangunan Ekonomi (2019) menuliskan jika secara umum pengangguran dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut:

  1. Menambah lapangan pekerjaan.
  2. Mengadakan pelatihan tenaga kerja.
  3. Meningkatkan daya beli masyarakat.
  4. Membuka proyek umum oleh pemerintah, seperti pembangunan jembatan, dan lainnya.
  5. Memberi informasi secepat mungkin apabila lowongan kerja tersedia.

Ketimpangan neraca pembayaran

Adalah kesenjangan antara jumlah perolehan ekspor dengan pembayaran untuk impor. Apabila biaya impor terlalu besar, devisa akan berkurang, nilai tukar uang bisa menurun, serta industri nasional berbasis impor akan mati.

Baca juga: Bidang Kajian Ekonomi Mikro

Sedangkan jika nilai ekspor terlalu besar, mata uang lokal akan menguat terhadap mata uang luar negeri. Dampaknya nilai impor akan naik sehingga membuat industri berbasis bahan baku dalam negeri menjadi mati.

Cara mengatasi ketimpangan neraca pembayaran:

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menjaga nilai ekspor dan impor agar seimbang. Nilai ekspor tidak boleh lebih tinggi dibanding nilai impor. Begitu pula nilai impor yang harus tetap terkendali dan tidak boleh lebih tinggi dibanding ekspor.

Permasalahan pertumbuhan ekonomi

Salah satu permasalahan utama dalam pertumbuhan ekonomi adalah pembagian pendapatan nasional yang tidak merata. Sehingga nilai GDP (Gross Domestic Product) tidak bisa dijadikan patokan tentang miskin atau kayanya sebuah negara.

Cara mengatasi permasalahan pertumbuhan ekonomi:

Pertumbuhan ekonomi mengacu pada tingkat produksi barang dan jasa di masyarakat. Cara mengatasi permasalahan pertumbuhan ekonomi adalah dengan mengendalikan pertumbuhan penduduk, meningkatkan teknologi yang tepat guna, serta meningkatkan jumlah produksi barang dan jasa.

Baca juga: Penemuan Telepon dan Dampak di Bidang Ekonomi

Tidak stabilnya kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi yang tidak stabil, khususnya dalam hal produksi, dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Salah satunya kebutuhan konsumsi masyarakat tidak terpenuhi. Akibat ketidakstabilan ini, pertumbuhan ekonomi menjadi terganggu.

Cara mengatasi tidak stabilnya kegiatan ekonomi:

Cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan kegiatan produksi barang dan jasa, menjamin ketersediaan sumber daya alam dan manusia, serta meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.