Kompas.com - 24/09/2022, 14:00 WIB

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Pada umumnya, semua makhluk hidup memiliki dua jenis kelamin, yaitu spermatozoa atau yang menghasilkan sel kelamin jantan, dan yang menghasilkan sel kelamin betina atau ovum (sel telur).

Namun, hewan memiliki sel kelamin yang lebih kompleks. Bahkan, beberapa hewan memiliki sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang dapat berfungsi secara bersamaan. 

Jika jenis kelamin manusia umumnya telah ditentukan sejak lahir atau bahkan dalam kandungan secara alamiah, pada hewan hal tersebut tergantung sesuai pada faktor lingkungan dan faktor genetiknya.

Jenis kelamin pada hewan ditentukan berdasarkan dengan gametnya. Gamet yaitu sel reproduksi yang memberikan informasi genetik mengenai sperma dan sel telur. Adapun betina memiliki gamet betina sedangkan jantan memiliki gamet jantan.

Baca juga: Hewan Endemik: Pengertian dan Contohnya

Pengertian hermafrodit

Hermafrodit secara biologis adalah individu yang memiliki dua alat atau organ kelamin yaitu jantan dan betina yang berfungsi penuh. Hermafrodit hanya ada di hewan dan tumbuhan.

Hermafrodit tidak pernah terjadi pada manusia. Penting untuk memahami bahwa Hermafrodit tidaklah sama dengan interseks, yang dapat terjadi kepada manusia.

Perbedaan interseks dengan hermaprodit yakni apabila hermafrodit, kedua organ dapat berfungsi semua sedangkan interseks kedua organ tidak dapat sepenuhnya berfungsi.

Hermafroditisme tidak terlalu banyak ditemukan di dalam kerajaan binatang (animalia) tetapi sangat sering ditemukan dan umum dalam kerajaan tumbuhan (plantae).

Gastropoda yang berada di daratan misalnya siput dan siput pisang adalah contoh yang umum dari hermafroditisme yang berada di dunia binatang.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.