Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Mendasari Terbentuknya Interaksi Sosial

Kompas.com - 26/09/2022, 14:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comInteraksi sosial merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain dalam hidupnya.

Meskipun terdengar sederhana, interaksi sosial sejatinya merupakan proses yang kompleks. 

Ada beberapa faktor yang mendasari terbentuknya interaksi sosial, yaitu imitasi, sugesti, simpati, identifikasi, dan empati. Dengan penjelasan sebagai berikut: 

Imitasi

Imitasi adalah seseorang atau lebih melakukan untuk meniru seseorang dalam hal gaya, sikap, perilaku hingga penampilan terlihat menyerupai fisik seseorang. 

Sugesti

Sugesti merupakan seseorang yang terpengaruh karena adanya suatu dorongan diberikan orang lain dengan beberapa cara tertentu yang di mana seseorang tersebut akan melaksanakan dengan apa yang di sugestikan terkadang tanpa berpikir rasional.

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya

Faktor ini dapat kita lihat ketika ada seorang anak yang diberikan nasihat oleh orang tuanya.

Selain itu, faktor sugesti yang bisa memunculkan interaksi sosial bukan hanya bisa terjadi karena diberi nasihat oleh orang tua saja, tetapi bisa terjadi karena diberikan nasihat oleh seorang guru.

Dengan nasihat-nasihat yang diharapkan penerima nasihat bisa menerima dengan baik dan bisa dijadikan sebagai pedoman dalam menjalani masa depan nanti.

Simpati

Simpati adalah bagaimana kita memperlihatkan sikap akan rasa tertarik pada seseorang akan sesuatu hal atau sikap yang menarik pada dirinya.

Misalnya, penampilan, pola pikirnya bahkan kebijaksanaannya dengan menerapkan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.

Baca juga: Bedanya Simpati dan Empati

Dengan adanya faktor ini, maka seseorang akan tergerak hatinya untuk membantu orang lain.

Jika makin banyak orang yang dapat dibantu, maka kehidupan bermasyarakat akan makin harmonis dan interaksi sosial pun tetap bisa terus terjaga dengan baik.

Identifikasi

Identifikasi merupakan suatu pemberian tanda ciri khas sehingga sebenarnya ini berkaitan dengan imitasi seseorang dengan keinginan sama atau identik bahkan

serupa dengan orang lain yang ditiru (idolanya), hingga menghilangkan jati dirinya sendiri. Hal seperti ini, sebaiknya segera dihindari karena kehilangan jati diri bisa membuat seseorang lupa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh dirinya.

Baca juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Empati

Empati merupakan merasakan sesuatu yang dialami oleh orang lain, baik itu kebahagiaan maupun kesedihan.

Interaksi dalam masyarakat akan menumbuhkan bentuk hubungan saling mempererat dan mengubah suatu kondisi masyarakat di suatu daerah.

Misalnya, dalam interaksi sosial positif melakukan gotong royong ini merupakan suatu bentuk Interaksi sosial. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com