Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Perkembangan Embrio Ayam hingga Menetas

Kompas.com - 14/09/2022, 14:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.comPerkembangan embrio ayam terjadi di luar tubuh ayam betina dalam bentuk telur yang dilindungi oleh cangkang.

Telur adalah tempat penimbunan zat gizi seperti, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh embrio selama masa perkembangan sampai menetas.

Telur embrio dilengkapi dengan kantung kuning yang merupakan nutrisi untuk menyuplai perkembangan embrio selama di dalam cangkang.

Telur ayam memerlukan suhu hangat, sehingga induk ayam akan mengerami telurnya untuk menjaga telur agar tetap hangat.

Baca juga: Lebih Dahulu Telur atau Ayam?

Ilustrasi proses perkembangan embrio ayam hingga menetaswww.poultryhub.org Ilustrasi proses perkembangan embrio ayam hingga menetas

Induk ayam mengerami telurnya dalam waktu 21 hari sebelum kemudian menetas. Berikut ini adalah tahapan perkembangan embrio ayam mulai dari hari pertama hingga menetas: 

  • Hari pertama

Pada hari pertama, bentuk awal embrio belum terlihat jelas. Sel benih berkembang menjadi bentuk bulat seperti cincin dengan bagian tepinya yang berwarna gelap dan bagian tengah agak terang.

Bagian tengah ini merupakan sel benih betina yang sudah dibuahi yang dinamakan zigot blastoderm.

  • Hari kedua

Pada hari kedua, embrio mulai membentuk jantung, hati, dan pembuluh darah mulai berkembang. Letak telinga dan pembuluh saraf columna vertebrae (rangkaian tulang belakang) mulai terlihat.

Fase ini adalah saat yang penting dari kehidupan, sebab jantung sudah mulai. Peredaran darah dimulai dengan adanya kerja sama antara kantung darah dan kantung selaput kuning telur.

  • Hari ketiga

Pada hari ketiga, bentuk jantung embrio mulai terlihat jelas, kaki, dan sayap mulai terbentuk dan berkembang, posisi embrio mulai berputar, mulai tampak pembuluh darah, organ tubuh semakin lengkap, serta terbentuknya lidah.

Mulai terdapat adanya selaput amnion, cairan korio-alantois, dan umbilicalis. Ketiga cairan ini berfungsi menyalurkan nutrisi atau makanan ke embrio.

Baca juga: Kenapa Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari?

  • Hari keempat

Pada hari keempat perkembagan embrio mulai jelas. Mata mulai terbentuk, begitu juga dengan kaki dan sayap. Organ paru-paru dan hati sudah terbentuk, tetapi tidak terlihat dengan kasat mata. 

  • Hari kelima

Pada hari kelima, bentuk embrio sudah semakin tampak jelas dan bakal anggota tubuh mulai terbentuk. Ekor dan kepala sudah berdekatan sehingga tampak seperti huruf C. Embrio terletak di dalam amnion. Pembuluh darah semakin banyak dibandingkan pada hari sebelumnya.

  • Hari kedelapan

Pada hari kedelapan, bakal paruh dan kaki sudah mulai terbentuk, tulang punggung mulai mengeras, dan optik fesikel telah berubah sempurna menjadi mata.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com