Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan Terkecil di Dunia

Kompas.com - 11/09/2022, 18:27 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hewan yang memiliki tubuh normal dan besar mungkin sudah sering kita lihat di kehidupan kita, ternyata di dunia ini banyak spesies hewan yang berukuran kecil bahkan ada yang sekecil kuku manusia

Hewan kecil tersebut kebanyakan merupakan spesies langka yang terancam punah. Oleh karena itu banyak dari mereka yang hanya bisa ditemukan di habitat asli, kebun binatang, atau lembaga penelitian.

Sebagai makhluk yang kecil, beberapa spesies hewan ini ternyata diuntungkan oleh bentuk tubuhnya.

Dengan bentuk yang kecil, spesies ini memiliki banyak pilihan untuk bersembunyi dan melarikan diri dari pemangsa atau hibernasi.

Baca juga: Ciri Khusus Hewan dan Fungsinya

5 hewan terkecil di dunia adalah pygmy marmoset, bumblebee bat, madame berthe’s mouse lemur, brookesia micra, dan kelinci pygmy.

Pygmy Marmoset

Pigmy marmosetwikimedia.org Pigmy marmoset

Hewan terkecil dunia yang pertama adalah Pygmy Marmoset atau Marmoset kerdil. Hewan ini adalah salah satu primata yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia, bahkan ukuran tubuhnya pun hanya sebesar ibu jari.

Panjang tubuh yang dimiliki hewan ini tanpa ekornya sekitar 117 – 152 milimeter dan ekornya memiliki panjang sekitar 172 – 229 milimeter.

Pygmy Marmoset yang sudah dewasa akan memiliki berat sekitar 100 gram, sedangkan untuk betina memiliki tubuh yang lebih besar dari jantan.

Makanan hewan ini adalah getah pohon. Setiap harinya, mereka akan terus menggerogoti kulit pohon dengan gigi khususnya hingga kulit pohon atau tanaman terkelupas dan bisa mendapatkan getahnya.

Baca juga: 7 Hewan dengan Usia Terpendek

Selain itu, hewan ini juga dapat memakan serangga serta buah-buahan. Tubuh Pygmy Marmoset memiliki warna kuning kecoklatan dengan warna abu-abu kehitaman pada bagian kepalanya.

Leher yang dimiliki primata ini seperti burung hantu, yaitu bisa berputar hingga 180 derajat. Hewan ini juga memiliki cakar yang tajam untuk membantunya mencengkeram kulit-kulit pohon.

Meski hewan ini memiliki tubuh yang kecil, namun ia bisa melompat hingga ketinggian 5 meter.

Habitat asli Pygmy Marmoset berada di hutan hujan Amazon, namun habitatnya tersebut sudah terancam rusak karena penggundulan hutan di hutan hujan Amazon.

Baca juga: 7 Hewan Tercepat di Dunia

Bumblebee Bat

Bumblebee batfacts.net Bumblebee bat

Bumblebee Bat atau Kelelawar Bumblebee ini memiliki panjang dari kepala sampai tubuh kelelawar sekitar 1,14 – 1,3 inci atau 29 – 33 milimeter saja.

Hal tersebut yang menjadikannya sebagai salah satu hewan terkecil di dunia, karena biasanya kelelawar tidak memiliki tubuh sekecil itu.

Lebar sayap yang dimiliki kelelawar ini 6,7 inci atau 170 milimeter dan besar telinganya 0,4 inci atau 10,2 milimeter. Berat rata-rata dari Bumblebee Bat hanya mencapai 0,7 ons atau 2 gram saja.

Kelelawar ini memiliki hidung seperti babi karena lubang hidungnya besar dengan septum yang lebar juga.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com