Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Galaksi di Sekitar Bima Sakti

Kompas.com - 02/09/2022, 10:30 WIB
Silmi Nurul Utami

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Galaksi Bima Sakti dan beberapa galaksi lainnya membentuk sebuah gugusan gugusan gugus lokal. Galaksi Bima Sakti merupakan anggota terbesar. Adapun, galaksi lain berbentuk elips dan tidak beraturan yang ukuranya kecil.

Ada beberapa galaksi yang berada di sekitar galaksi Bima Sakti diantaranya adalah Galaksi Magellan, Galaksi Andromeda, Galaksi Triangulum, dan Galaksi Centaurus A. Berikut pemaparannya: 

Galaksi Magellan

Sungai Magellan, struktur pita yang terdiri atas gas, mengelilingi setengah galaksi Bimasakti.D. Nidever, et al Sungai Magellan, struktur pita yang terdiri atas gas, mengelilingi setengah galaksi Bimasakti.

Galaksi Magellan merupakan galaksi yang paling dekat dengan galaksi Bima Sakti dan berada di belahan langit selatan. Galaksi Magellan terdiri atas Awan Magellan Besar (LMC) dan Awan Magellan Kecil (SMC). 

Awan Magellan Besar atau Awan Magellan Besar adalah galaksi tidak teratur yang berada dekat galaksi Bima Sakti. Para ilmuwan menyebutnya sebagai Galaksi Satelit Bima Sakti.

Baca juga: Galaksi Bima Sakti: Tempat Bumi dan Tata Surya Berada

Awan Magellan Besar berada pada jarak 50 kiloparsec (160.000 tahun cahaya). Masanya setara dengan sekitar 10 miliar kali massa Matahari dan sekitar 14.000 tahun cahaya (4,3 kpc). Awan Magellan Besar memiliki magnitudo tampak sekitar 0,91.

Adapun, Small Magellanic Cloud (SMC) atau Awan Magellan Kecil adalah sebuah galaksi kerdil yang berdiameter sekitar 7000 tahun cahaya.

Galaksi ini berisi beberapa ratus juta bintang dengan total massa sekitar 7 miliar kali massa Matahari. Awan Magellan Kecil merupakan galaksi satelit dari Bima Sakti.

Galaksi ini memiliki jarak sekitar 200.000 tahun cahaya dari bumi dengan magnitudo tampak sekitar 2.70.

Baca juga: Macam-macam Galaksi

Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda, tetangga terbesar bumiNASA/JPL-Caltech Galaksi Andromeda, tetangga terbesar bumi

Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224 adalah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berwujud spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. 

Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November.

Dengan mata telanjang, galaksi ini tampak seperti kabut tipis di langit utara, tetapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampilkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com