Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Perilaku Konsumen dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 27/08/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Perilaku konsumen berkaitan dengan apa yang dibutuhkan, dicari, dibeli, dan dikonsumsi konsumen.

Sebagai bagian dari studi pemasaran, perilaku konsumen ditujukan untuk memahami proses pengambilan keputusan konsumen sebelum menggunakan produk.

Menurut Aditya Wardhana, dkk dalam buku Perilaku Konsumen (Teori dan Implementasi) (2022), berikut pengertian perilaku konsumen:

"Perilaku konsumen adalah tindakan nyata konsumen yang dipengaruhi faktor internal dan eksternal, untuk menilai, memilih, mendapatkan, serta menggunakan sebuah barang atau jasa."

Bisa juga diartikan bahwa perilaku konsumen merupakan tindakan atau proses yang mendorong tindakan pembelian dan penggunaan barang atau jasa.

Baca juga: 7 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Contoh perilaku konsumen

Dilansir dari situs Market Business News, sebelum membeli dan menggunakan barang, konsumen akan mempertimbangkan barang atau jasa apa sajakah yang memang dibutuhkannya saat ini.

Misal, konsumen A mengetahui bahwa dirinya memerlukan pakaian kerja. Setelah itu, ia akan mencari merek pakaian kerja yang berkualitas baik tetapi harganya terjangkau.

Kemudian A akan memutuskan merek apa dan berapa banyak pakaian yang akan dibelinya. Setelah itu, terjadilah proses pembelian.

Tahapan perilaku konsumen tidak berhenti sampai di situ, karena masih ada proses selanjutnya, yakni evaluasi pasca-pembelian.

Setelah konsumen mencoba dan menilai merek pakaian kerja tersebut, ia akan memutuskan langkah selanjutnya dari pembelian itu, yakni apakah mengulang atau tidak akan membeli produk dari merek yang sama lagi.

Baca juga: Mengapa Perilaku Konsumen Penting untuk Dipelajari?

Dikutip dari Buku Ajar Perilaku Konsumen (2021) karya Friska Artaria Sitanggang dan Prayetno Agustinus Sitanggang, contoh perilaku konsumen dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  1. Mencari informasi barang atau jasa melalui internet
  2. Mencari informasi secara langsung
  3. Menggunakan fasilitas kartu kredit atau debit saat membeli produk
  4. Mencari tahu terkait pengalaman orang lain ketika menggunakan produk.

Contoh perilaku konsumen lainnya, yakni:

  1. Mempertimbangkan dan mencari tahu barang apa yang dibutuhkan
  2. Memakai kendaraan dari sebuah merek
  3. Melakukan pembelian ulang setelah cocok dengan sebuah merek
  4. Membeli barang sesuai keinginan dan kebutuhan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com