Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Perilaku Konsumen dalam Kegiatan Ekonomi

Kompas.com - 12/10/2020, 12:45 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain produsen, pelaku penting lain dalam sebuah kegiatan perekonomian adalah konsumen.

Konsumen memiliki peran penting karena tanpa adanya konsumen, barang yang diproduksi oleh produsen tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Dilansir dari buku Perilaku Konsumen (2002) karya Prabu Anwar Mangkunegara, definisi perilaku konsumen adalah sebagai tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau organisasi.

Tindakan tersebut berkaitan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan.

Baca juga: Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Faktor-Faktor

Dalam perkonomian modern, urusan konsumsi tidak hanya menjadi urusan individu, melainkan gejala sosial.

Hal tersebut dipengaruhi langsung oleh pola kebudayaan dan lingkungan sosial dengan sistem nilai yang terkandung didalamnya.

Dalam buku Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro (2003) karya T. Ginarso, dijelaskan bahwa ada empat faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Berikut penjelasannya:

  • Faktor individual

Faktor ini mengacu pada sifat-sifat yang dimiliki oleh seseorang seperti bakat, minat, dan emosional. Selain itu juga ada faktor lain seperti umur, kelompok usia, dan lingkungan.

Faktor-faktor tersebut tidak hanya memengaruhi apa yang dikonsumsi. Tetapi juga mempengaruhi berapa dan model-model yang dikonsumsi.

  • Faktor ekonomi

Faktor ekonomi berhubungan dengan harga barang, pendapatan yang dimiliki oleh konsumen, dan adanya subtitusi.

Baca juga: Pola Perilaku Produsen dalam Kegiatan Ekonomi

Selain itu juga ada aspek lain seperti lingkungan fisik (panas, dingin, kering, basah), besarnya keluarga, tersedia tidaknya kredit murah untuk konsumsi (koperasi, bank), dan kekayaan yang sudah dimiliki.

  • Faktor sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika seseorang tinggal dalam suatu wilayah, maka orang tersebut harus menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap tindakan pembelian.

Contoh dari faktor ini adalah gaya hidup orang kaya cenderung suka ditiru oleh golongan masyarakat lainnya.

Baca juga: Circular Flow Diagram dalam Kegiatan Ekonomi

  • Faktor kebudayaan

Pertimbangan berdasarkan agama dan adat kebiasaan dapat memengaruhi keputusan seseorang untuk melakukan konsumsi.

Contohnya pembelian untuk keperluan-keperluan peringatan hari ke-7, ke-40, ke-100, dan ke-1000 bagi orang yang sudah meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com