Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

Kompas.com - 09/10/2020, 16:09 WIB
Ilustrasi konsumsi shutterstock.comIlustrasi konsumsi

KOMPAS.com – Suatu kegiatan perekonomian, tentunya mengandung unsur-unsur penting yang membangun kegiatan tersebut. Salah satu unsur yang harus ada adalah adanya pelaku ekonomi.

Dilansir dari buku Kamus Ekonomi (2012) karya Nurul Oktima, pelaku ekonomi didefinisikan sebagai pihak yang menjalankan kegiatan ekonomi dalam suatu sistem ekonomi. Masing-masing pelaku ekonomi memiliki peran yang harus dijalankan.

Dalam buku Pelaku Ekonomi (2019) karya Agung Feryanto, dijelaskan bahwa ada empat jenis pelaku ekonomi beserta peran yang dimilikinya. Berikut penjelasannya:

  • Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Rumah Tangga Konsumen merupakan sekelompok orang atau badan yang melakukan kegiatan konsumsi.

Baca juga: Manfaat Circular Flow Diagram

Peran rumah tangga konsumen adalah mengkonsumsi nilai guna suatu barang atau jasa yang disediakan oleh produsen.

Selain itu, peran rumah tangga konsumen yang lain adalah menyediakan faktor-faktor produksi, seperti sumber daya manusia (tenaga kerja), modal, dana tanah atau lahan.

Karena menyediakan faktor-faktor produksi, maka rumah tangga konsumen akan menerima balas jasa dari rumah tangga produsen.

Balas jasa tersebut berupa upah, bunga modal, laba usaha, dan sewa. Dalam kegiatan perekonomian, rumah tangga konsumen juga harus menanggung beban pajak yang diberikan oleh pemerintah.

  • Rumah Tangga Produsen (RTP)

Rumah tangga produsen merupakan organisasi atau badan usaha yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menghasilkan barang atau jasa demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Circular Flow Diagram dalam Kegiatan Ekonomi

Dalam kegiatan perekonomian, rumah tangga produsen memiliki dua peran penting, yaitu: 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X