Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Perkembangan Generatif pada Tumbuhan

Kompas.com - 27/07/2022, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tumbuhan dapat berkembangbiak secara seksual dan aseksual. Perkembangbiakan seksual disebut dengan perkembangbiakan generatif. Ciri-ciri perkembangbiakan generatif adalah:

  • Memerlukan dua orang tua (jantan dan betina)
  • Pembuahan terjadi melalui proses penyerbukan
  • Terjadi peleburan sel kelamin jantan dan betina
  • Sifat keturunan yang tidak sama persis dengan induknya

Memerlukan dua orang tua (jantan dan betina)

Ciri perkembangbiakan generatif atau seksual pada tumbuhan yaitu memerlukan dua orang tua yaitu satu jantan dan satu betina.

Di mana kedua orang tua membentuk gametoft betina dan gametofit jantan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Perkembangbiakan Generatif?

Dilansir dari Biology LibreTexts, gametofit angiospermae berada dalam struktur tertutup (ovula) dalam ovarium. Sedangkan, gametofit betina gymnospermae terbuka pada kerucut betina.

Adapun, gametofit angiospermae jantan merupakan bagian dari bunga yang disebut dengan serbuk sari. Sedangkan, gametofit gymnospermae jantan adalah kerucut jantan.

Pembuahan terjadi melalui proses penyerbukan

Pembuahan dalam perkembangbiakan generatif hanya dapat terjadi melalui proses penyerbukan.

Penyerbukan membuat sel kelamin jantan dapat bertemu dengan sel kelamin betina (sel telur).

Penyerbukan dapat terjadi oleh beberapa agen, misalnya serangga dan angin.

Baca juga: Macam-macam Proses Penyerbukan Bunga

Terjadi peleburan sel kelamin jantan dan betina

Ciri-ciri perkembangbiakan generatif pada tumbuhan selanjutnya adalah terjadinya peleburan sel antar sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Saat sel kelamin jantan dan betina bertemu, sel kelamin jantan akan membuahi kelamin betina dan peluburan selpun terjadi.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, peleburan sel kelamin jantan dan betina yang bersifat haploid (memiliki satu set kromosom) akan mennghasilkan zigot yang bersifat diploid (memiliki dua set kromosom).

Zigot inilah yang kemudian akan mengalami pembelahan secara meiosis dan mitosis untuk membentuk keturunan (individu baru).

Baca juga: Perbedaan Perkembangbiakan Generatif dan Vegetatif pada Hewan

Sifat keturunan yang tidak sama persis dengan induknya

Ketika peleburan sel kelamin jantan dan betina, materi genetik yang dibawa masing-masing sel juga akan melebur dan membentuk zigot.

Dilansir dari Biology Online, keturunan yang dihasilkan akan mengandung setengah materi genetik (DNA atau RNA) dari ibu dan setengahnya lagi dari ayahnya.

Materi genetik tersebut kemudian akan menimbulkan sifat tidak sama persis dengan induknya, tetapi campuran dari kedua induknya.

Hal tersebut membuat tumbuhan dengan perkembangbiakan generatif cenderung lebih bervariasi daripada yang berkembangbiak secara vegetatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com