Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Perkembangbiakan Generatif?

Kompas.com - Diperbarui 13/12/2021, 17:59 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud perkembangbiakan generatif? Perkembangbiakan generatif terjadi pada tumbuhan generatif yang mempunyai kelengkapan untuk proses penyerbukan dan pembuahan. Berikut ini penjelasannya:

Pengertian perkembangbiakan generatif

Mengutip Kemdikbud RI, perkembangbiakan tumbuhan secara generatif terjadi bila tumbuhan memiliki kelengkapan yang dibutuhkan dalam proses penyerbukan dan pembuahan. Alat perkembangbiakan tumbuhan secara generatif adalah serbuk sari dan kepala putik.

Bila tumbuhan tidak memiliki kelengkapan untuk proses penyerbukan dan pembuahan, maka tumbuhan tidak dapat melakukan perkembangbiakan secara generatif.

Perkembangbiakan generatif disebut perkembangbiakan secara kawin. Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan yang dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

Baca juga: Organ Utama Tumbuhan

Proses perkembangbiakan generatif

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.

Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian, sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari.

Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur.

Proses penyerbukan:

  1. Melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik;
  2. peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur;
  3. Menghasilkan bakal buah.

Bagian-bagian bunga

Bunga adalah organ perkembangbiakan generatif tumbuhan biji tertutup. Bunga memiliki bagian dan fungsi masing-masing.

Secara umum, bagian-bagian bunga adalah:

  1. Tangkai bunga
  2. Dasar bunga
  3. Kelopak
  4. Mahkota
  5. Benang sari
  6. Putik
  7. Bakal buah
  8. Bakal biji

Baca juga: Reproduksi pada Tumbuhan: Macam, Penjelasan dan Contohnya

Jenis bunga

Jenis bunga dapat dibedakan berdasarkan kelengkapannya dan berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya. Berikut ini penjelasannya:

  • Bunga lengkap dan bunga tidak lengkap

Berdasarkan kelengkapannya, bunga dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  1. Bunga lengkap adalah bunga yang memiliki seluruh struktur bunga, seperti kelopak, mahkota, putik dan benang sari. Contoh kembang sepatu, anggrek, tomat, dan lain-lain.
  2. Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak memiliki salah satu bagian saja dari bunga. Contoh bunga kelapa, bunga kamboja, bunga jepung Bali dan lain-lain.
  • Bunga sempurna dan bunga tidak sempurna

Berdasarkan kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi bunga sempurna dan tidak sempurna.

  1. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki alat kelamin jantan (benang sari) dan alat kelamin betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Bunga sempurna disebut juga sebagai bunga hermafrodit. Contoh bunga mawar, bunga kembang sepatu, bunga jamu, bunga kopi, dan lain-lain.
  2. Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin saja. Contoh bunga salak, bunga jagung, dan lain-lain.

Pada pohon salak, alat kelamin jantan dan alat kelamin betina ada pada pohon yang terpisah. Sehingga ada istilah tanaman salak jantan dan tanaman salak betina.

Bunga jagung termasuk bunga tidak sempurna karena dalam satu pohon terdapat bunga jantan dan bunga betina yang terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com