Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umur Sel Darah pada Manusia

Kompas.com - 21/07/2022, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comSel darah berperan penting dalam menunjang kehidupan manusia. Namun, tahukah kamu berapa umur sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah manusia? Berikut adalah umur sel darah pada manusia:

  • Sel darah merah (110 hingga 120 hari)
  • Sel darah putih (12 hingga 20 hari)
  • Keping darah atau trombosit (7 hingga 10 hari)

Sel darah merah (110 hingga 120 hari)

Sel darah merah atau eritrosit memiliki umur sekitar 110 hingga 120 hari saja.

Dilansir dari Whitehead Institute, sel darah merah tidak dapat hidup lama karena tidak memiliki inti sel atau nukleus dan beberapa organel sel lainnya.

Baca juga: 4 Komponen Penyusun Darah beserta Fungsinya

Sel darah merah mengeluarkan inti sel dan organel lainnya (seperti mitokondria) saat pematangan agar dapat mengandung lebih banyak hemoglobin untuk mengangkut oksigen.

Tidak adanya inti sel, membuat sel darah merah tidak dapat mempertahankan fungsinya dalam jangka lama. Sehingga, mati dalam waktu singkat dan didaur ulang oleh hati.

Sel darah putih (12 hingga 20 hari)

Sel darah putih atau leukosit memiliki umur yang lebih pendek daripada sel darah merah yaitu hanya sekitar 12 hingga 20 hari saja.

Sel darah putih memiliki umur yang pendek karena terus-menerus melawan virus, bakteri, juga patogen pembawa penyakit lainnya di dalam tubuh.

Dilansir dari Stanford Children's Health, karena memiliki umur yang pendek, sel darah putih terus-menerus dibuat oleh sumsum tulang.

Baca juga: Jenis-jenis Sel Darah Putih dan Fungsinya

Keping darah (7 hingga 10 hari)

Keping darah atau trombosit adalah sel darah dengan umur paling singkat yaitu hanya sekitar 7 hingga 10 hari saja.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, trombosit bukanlah sel utuh melainkan fragmen atau pecahan dari sel besar di sumsum tulang yang dinamakan dengan megakariosit.

Sehingga, trombosit tidak memiliki nukleus dan beberapa organel cell.

Sehingga, trombosit tidak dapat embelah diri atau memperbaiki dirinya sendiri ketika terjadi kerusakan. Hal tersebut mengakibatkan trombosit memiliki umur yang pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com