Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Ilmu Politik Menurut Ahli

Kompas.com - 19/07/2022, 13:30 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Politik berasal dari bahasa Yunani yaitu polis artinya negara kota. Secara etimologi, politik berhubungan erat dengan kata politis yang berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. 

Dilansir dari buku Kotak Kosong Pilwali Kota Makassar: Perspektif Demokrasi, Konstitusi, Kelembagaan Politik dan Hukum (2019) oleh Idris Pattarai, beberapa pengertian ilmu politik menurut ahli, yakni: 

  • Roger F Soltau 

Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara, dan lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu. 

  • Ossip K Flectheim 

Ilmu politik yaitu ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negarta sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat memengaruhi negara. 

Baca juga: 3 Program Politik Etis atau Politik Balas Budi

  • J Barents

Ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya. 

  • Isj Ware 

Ilmu politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau teknik menjalankan kekuasan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan atau pembentukan dan penggunaan kekuasaan. 

  • Paul Janet 

Ilmu politik merupakan sebagai ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan. 

  • Prof. Moh Yamin 

Ilmu politik sebagai suatu ilmu pengetahuan masyarakat, mempelajari masalah kekuasaan dalam masyarakat. Sifat hakikatnya, dasar-dasarnya, proses-proses kelangsungannya, luas lingkungannya, dan hasil akibatnya. 

  • Ramlan surbakti 

Politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. 

Baca juga: Tujuan, Fungsi, dan Cakupan Partisipasi Politik 

Konsep-konsep ilmu politik 

Disadur dari buku Dasar-Dasar Ilmu Politik (2008) oleh Miriam Budiardjo, berikut konsep-konsep ilmu politik yang dipelajari adalah: 

  • Negara 

Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang memiliki kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh warganya. 

Suatu negara dapat dipandang dari dua sisi, yakni pandangan yuridis yang digunakan untuk menyelidiki negara dan pandangan sosiologis untuk menyelidiki negara sebagai bangunan atau kenyataan masyarakat. 

  • Kekuasaan 

Keamouan seseorang atau suatu kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan pelakunya. 

Baca juga: 3 Tipe Budaya Politik Campuran 

  • Pengambilan keputusan 

Membuat pilihan di antara beberapa alternatif. Sedangkan istilah pengambilan keputusan menunjukan pada proses yang terjadi sampai keputusan itu terjadi. 

  • Kebijakan umum 

Kumpulan keputusan yang diambil seorang pelaku atau kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan itu. 

Setiap masyarakat memiliki beberapa tujuan bersama. 

  • Pembagian atau alokasi 

Pembagian atau alokasi yaitu pembagian dan penjatahan nilai-nilai dalam masyarakat, yang ditekankan bahwa pembagian selalu tidak merata dan menimbulkan konflik. 

Dalam ilmu sosial, suatu nilai (value) adalah sesuatu yang dianggap baik dan benar, sesuatu yang diinginkan, yang mempunyai harga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com