Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Pigmen Warna pada Tumbuhan

Kompas.com - 16/07/2022, 11:00 WIB
Syifa,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Warna hijau pada daun berasal dari pigmen fotosintesis yang dinamakan klorofil. Ada banyak sekali pigmen pada tumbuhan yang memberi warna berbeda dan memiliki fungsi spesifik.

Dikutip dari buku Anatomi Tumbuhan (2019) karya Sri Mulyani, pigmen tumbuhan ditemukan dalam plastida dan vakuola.

Ada berbagai macam pigmen tumbuhan, di antaranya klorofil yang ada di dalam kloroplas, dan karotenoid di dalam kromoplas.

Dilansir dari buku Plant Physiology (2008) karangan William G. Hopkins dan Norman P. A. Huner, berikut beberapa jenis pigmen dan peranannya dalam proses fisiologis tanaman:

Klorofil

Merupakan pigmen yang bertanggung jawab mengumpulkan energi cahaya dalam proses fotosintesis. Molekul klorofil terdiri atas dua bagian, yaitu kepala porfirin dan hidrokarbon panjang atau ekor fitol.

Ada empat jenis klorofil, yaitu klorofil a, b, c, dan d.

Baca juga: 4 Klasifikasi Sayuran Berdasarkan Pigmen yang Dikandung

 

Klorofil a terdapat di semua tumbuhan tingkat tinggi, alga, dan cyanobacteria. Klorofil b juga dijumpai di hampir semua tumbuhan tingkat tinggi dan alga hijau.

Klorofil c lumrah dijumpai pada ganggang cokelat dan diatomae. Sedangkan klorofil d hanya ditemukan pada alga merah.

Fikobilin

Adalah molekul pigmen tetrapirol rantai lurus atau rantai terbuka. Biasanya ada pada alga merah eukariotik dan cyanobacteria prokariotik.

Ada empat jenis fikobillin. Salah satunya fitromobilin yang merupakan fotoreseptor penting dalam mengatur berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Sementara tiga lainnya adalah fikoeritrin, dikenal dengan fikoeritrobilin, fikosianin, dan alofikosianin. Fikoeritrin berperan mengumpulkan cahaya untuk fotosintesis, karena dapat menyerap energi cahaya di wilayah spektrum hijau yang terlihat.

Karotenoid

Terdiri dari warna jingga dan kuning yang ada di sebagian besar organisme fotosintesis. Karotenoid banyak ditemukan di akar wortel dan buah tomat. Pigmen ini juga banyak terdapat pada daun yang hijau.

Baca juga: Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Karotenoid terdiri dari dua jenis, yaitu karoten dan xantofil. Karoten didominasi pigmen warna jingga atau merah-jingga. Karoten banyak ditemui dalam alga dan tumbuhan tingkat tinggi lainnya. Selain itu karoten juga ada pada bakteri fotosintetik hijau.

Kriptokrom dan Fototropin

Kriptokrom merupakan fotoreseptor cahaya biru/UV-A. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa kriptokrom ditemukan di seluruh kingdom plantae.

Lumut dan pakis masing-masing menunjukkan dua hingga lima gen kriptokrom.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com