Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isomer Alkena dengan Rumus Molekul C4H8

Kompas.com - 13/06/2022, 17:22 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – C4H8 adalah senyawa hidrokarbon alkena yang dikenal dengan nama butena. Butena memiliki senyawa isomer dengan rumus kimia sama namun susunan atomnya berbeda. Jumlah isomer alkena dengan rumus molekul c4h8 adalah enam, berikut penjelasannya!

Isomer struktural

Isomer struktural atau isomer posisi adalah dua atau lebih senyawa dengan rumus molekul yang sama tetapi memiliki struktur yang berbeda.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, dalam alkena ada beberapa isomer struktural berdasarkan posisi di mana rantai ikatan rangkapnya terjadi. Molekul C4H8 memiliki isomer struktural berupa 1-butena dan 2-butena.

Struktur senyawa 1-butena dan 2-butenachem.libretexts.org Struktur senyawa 1-butena dan 2-butena

Baca juga: Senyawa Hidrokarbon: Pengertian, Rumus, Golongan, dan Contohnya

Isomer geometri

Alkena dengan rumus molekul C4H8 juga memiliki isomer geometri. Dilansir dari Khan Academy, 2-butena (C4H8) memiliki dua gugus metil (CH3) yang dapat menempati posisi berbeda relatif terhadap ikatan rangkap di pusat molekul.

Gugus metil pada sisi yang sama membentuk senyawa cis-2-butena. Sedangkan, gugus metil pada sisi yang berlawanan membentuk senyawa trans-2-butena.

Sehingga, isomer geometeri alkena dengan rumus molekul C4H8 adalah cis-2-butena dan trans-2-butena.

Bentuk geometri molekul cis-2-butena dan trans-2-butenachem.libretexts.org Bentuk geometri molekul cis-2-butena dan trans-2-butena

Baca juga: Reaksi Adisi Elektrofilik Alkena

Isomer fungsi

Isomer alkena dengan rumus molekul C4H8 selanjutnya adalah isomer fungsi. Isomer fungsi didasari oleh perbedaan gugus fungsi.

Isomer fungsi alkena dapat dilihat dari sikloalkana. Sikloalkana memiliki isomer fungsi berupa siklobutena (C4H8) yang merupakan struktur tidak stabil.  

Isomer kerangka

Isomer alkena selanjutnya adalah isomer rangka. Yaitu, isomer yang disebabkan oleh perbedaan kerangka karbon pada gugus fungsi yang sama. Satu-satunya isomer kerangka alkena dengan rumus molekul C4H8 adalah senyawa 2-metil-1-propena.

Sehingga, jumlah isomer alkena dengan rumus molekul c4h8 adalah enam yaitu:

  • 1-butena
  • 2-butena
  • Siklobutana
  • Cis-2-butena
  • Trans-2-butena
  • 2-metil-1-propena
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com