Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Queerbaiting: Pengertian dan Asal-usulnya

Kompas.com - 06/05/2022, 10:30 WIB
Aldila Daradinanti,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam industri film, sering kali kita jumpai peran sepasang gay yang dimainkan aktor ternama.

Tak jarang, hal ini memunculkan kesalahpahaman publik yang mempertanyakan orientasi seksual sang pemeran. Inilah yang disebut queerbaiting.

Apa itu queerbaiting?  

Pengertian queerbaiting

Menurut J. Brennan dalam jurnal Introduction: Queerbaiting (2018), queerbaiting adalah teknik marketing yang diterapkan untuk menarik minat audiensi non-heteroseksual atau LGBTQ+.

Praktik queerbaiting tidak dilakukan oleh kelompok LGBTQ+, melainkan oleh kelompok orang berorientasi heteroseksual yang tak berkaitan dengan homoseksual.

Selain untuk menarik minat dan perhatian kaum LGBTQ+, queerbaiting juga dipraktikkan guna mendapat keuntungan besar.

Dilansir dari situs Dictionary, istilah queerbaiting digunakan untuk mengkritik praktik yang memanfaatkan penampilan atau implikasi hubungan LGBTQ+, tanpa benar-benar merepresentasikan yang sebenarnya.

Baca juga: Queer: Pengertian, Budaya, dan Contoh Tokohnya 

Misalnya adegan ciuman sepasang gay dalam gambar mini atau thumbnail sebuah video di media sosial. Contoh lainnya foto seorang selebritas pria yang menggunakan pakaian bergaya feminin dengan riasan di wajahnya.

Hal ini memicu pertanyaan khalayak mengenai orientasi seksual aktor atau selebritas tersebut. Sebab apa yang dilakukannya dianggap melanggar norma yang ada.

Sederhananya, seseorang yang menampilkan atau melakukan sesuatu yang menjadi stereotip orang awam terhadap LGBTQ+, disebut queerbaiting.

Dikutip dari situs Pusat Riset Masyarakat dan Budaya, figur publik dianggap melakukan queerbaiting oleh komunitas queer, karena tidak pernah menyuarakan isu LGBTQ+. Sehingga terkesan hanya ingin menarik perhatian komunitas queer demi publisitas.

Asal-usul istilah queerbaiting

Pada dasarnya, istilah queerbaiting berasal dari kata race-baiting, berarti hasutan kebencian rasial bertujuan politik.

Istilah queerbaiting pertama kali digunakan pada 1950-an yang merujuk pada hasutan kebencian anti-LGBTQ+.

Sebelum penggunaannya saat ini, istilah queerbaiting dipakai dalam praktik verbal, untuk menggambarkan sejumlah homofobia.

Baca juga: Sejarah Queer sebagai Istilah yang Memayungi LGBT

Kemudian sekitar 2010, istilah queerbaiting digunakan untuk merujuk pada praktik peluang keuntungan, guna menarik audiensi kelompok LGBTQ+. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com