Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daun: Definisi, Fungsi, dan Morfologinya

Kompas.com - 09/03/2022, 06:00 WIB
Belila Mega,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daun merupakan salah satu bagian yang dimiliki tumbuhan. Daun termasuk dalam tiga bagian utama tumbuhan tingkat tinggi, selain akar dan batang.

Fungsi daun sangat penting bagi tumbuhan. Karena daun bagaikan dapur ajaib yang mampu memproses bahan mentah menjadi makanan, untuk nantinya didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan.

Tiap tumbuhan memiliki morfologi daun atau ciri fisik yang berbeda-beda. Namun, terkadang ada yang dikategorikan ke bentuk yang sama, karena adanya kemiripan.

Definisi daun

Daun adalah bagian integral dari sistem batang. Daun berada pada tunas apikal (bagian batang yang tumbuh) bersama dengan jaringan batang itu sendiri.

Pada tumbuhan, daun menjadi tempat produksi makanan, sekaligus sebagai sumber makanan bagi hewan di darat. Karena daun memiliki klorofil (pigmen hijau), sehingga bisa melakukan proses fotosintesis.

Daun terhubung dengan sistem vaskular ke seluruh tumbuhan, agar bisa melakukan pertukaran air dan nutrisi secara bebas. Selain itu, daun juga berperan untuk menyalurkan hasil akhir fotosistensis ke bagian tumbuhan lainnya.

Baca juga: Bagian dan Fungsi Daun

Fungsi daun

Ada beberapa fungsi penting daun bagi tumbuhan. Fungsi ini sangat istimewa karena tidak ada makhluk hidup lain yang bisa melakukannya.

Tempat fotosistesis

Fungsi daun yang paling utama adalah tempat pembentukan makanan lewat fotosintesis. Daun menjadi pemegang kendali pasokan makanan yang dibutuhkan organ tumbuhan lainnya. Sebab itu, fungsi ini sangatlah penting.

Fotosintesis merupakan proses pembentukan makanan, berupa gula atau karbohidrat dari air dan CO2 dengan bantuan sinar matahari.

Rumus fotosintesis yaitu: 6CO2 + 6H2O + Cahaya matahari → C6H12O6 + 6O2

CO2 merupakan rumus kimia untuk karbondioksida, H2O rumus kimia air, O2 rumus kimia dari oksigen, dan C6H12O6 rumus kimia untuk glukosa.

Tempat respirasi

Berbeda dengan makhluk hidup lain yang membutuhkan O2 dan mengeluarkan CO2 ke lingkungan, daun melakukan hal sebaliknya.

Fungsi daun sebagai tempat respirasi adalah mendapatkan CO2 dan mengeluarkan O2 hasil fotosintesis ke lingkungan. Proses respirasi daun dapat dilakukan karena adanya stomata atau mulut daun.

Baca juga: Kenapa Daun Berwarna-warni?

Tempat transpirasi

Hampir sama seperti respirasi, daun melakukan proses transpirasi menggunakan stomata. Akan tetapi proses ini dapat juga dilakukan oleh bagian yang bernama kutikula.

Transpirasi merupakan proses penguapan air dari permukaan tumbuhan. Proses ini bertujuan untuk memfasilitasi penyerapan air dan hara dari tanah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com