Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik Komunikasi Kelompok dan Penjelasannya

Kompas.com - 25/02/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komunikasi kelompok adalah proses penyampaian pesan dari seorang individu atau sekelompok orang kepada sejumlah individu yang berkumpul membentuk kelompok sebagai penerima pesannya.

Tiap bentuk komunikasi punya karakteristiknya masing-masing, termasuk komunikasi kelompok. Apa sajakah karakteristik komunikasi kelompok? Berikut penjelasannya:

Memiliki norma dan peran

Dilansir dari buku Psikologi Komunikasi (2021) oleh Fitri Yanti, ada dua karakteristik yang melekat pada kelompok, yakni norma dan peran.

Norma merupakan persetujuan atau perjanjian mengenai bagaimana kumpulan individu dalam suatu kelompok berperilaku. Norma lebih mengarah pada perilaku apa saja yang dianggap pantas dan tidak pantas dilakukan dalam kelompok.

Sementara peran adalah pola perilaku yang diharapkan dari tiap anggota kelompok. Ada dua jenis peran dalam kelompok, yakni fungsi tugas serta fungsi pemeliharaan.

Baca juga: Definisi Komunikasi Kelompok dan Bentuknya

Terdiri atas beberapa orang

Dikutip dari buku Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya (2019) karya Evi Novianti, Brilhart menjelaskan bahwa karakteristik komunikasi kelompok ialah terdiri dari sejumlah orang.

Anggota kelompoknya sangat bervariasi, bisa 20 orang bahkan lebih. Para anggota dalam kelompok itu memiliki kesadaran serta mampu bereaksi terhadap individu lainnya.

Harus terikat dalam kondisi saling ketergantungan

Guna mencapai tujuan bersama yang diinginkan dalam sebuah kelompok, hendaknya tiap individu menumbuhkan rasa keterikatan dalam kondisi saling ketergantungan.

Artinya antarindividu dalam kelompok saling bergantung untuk memenuhi kebutuhannya, mencapai tujuan pribadi yang diinginkan, maupun tujuan bersama yang telah ditentukan.

Terjadi interaksi secara oral

Karakteristik komunikasi kelompok ini berarti jalinan komunikasi di antara para anggotanya lebih banyak menggunakan bentuk verbal atau lewat pembicaraan.

Walaupun komunikasi nonverbal sering digunakan, namun pembicaraan atau bentuk komunikasi verbal lebih banyak dilakukan dalam kelompok.

Baca juga: Bagaimana Sifat Komunikasi Kelompok?

Tiap individu harus punya rasa saling memiliki

Komunikasi kelompok akan berhasil jika tiap anggotanya punya rasa saling memiliki satu sama lain. Begitu pula dengan kemampuan individu mengidentifikasi dirinya sendiri dengan orang lain.

Saling memiliki bisa diartikan sebagai rasa saling membutuhkan, menghormati, dan menghargai orang lain, serta merasa menjadi bagian dari suatu kelompok.

Perilaku didasarkan pada serangkaian norma, nilai, dan prosedur

Bagaimana individu berperilaku dalam sebuah kelompok didasarkan pada norma, nilai, serta prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya dalam kelompok.

Karakteristik komunikasi kelompok ini hanya bisa dicapai ketika para anggotanya saling berkomitmen untuk menyepakati sejumlah norma, nilai, serta prosedur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com