Kompas.com - 22/01/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sifat komunikasi kelompok, yakni memengaruhi satu sama lain, terjadi secara tatap muka, terjalin di antara tiga orang atau lebih, dan biasanya berada di bawah pengawasan seorang pemimpin.

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang terjalin di antara tiga orang atau lebih secara tatap muka, dalam rangka meraih tujuan bersama.

Sifat komunikasi kelompok

Menurut Ali Nurdin dalam buku Komunikasi Kelompok dan Organisasi (2014), pada prinsipnya komunikasi kelompok adalah interaksi tatap muka, guna memperoleh maksud atau tujuan yang dikehendaki.

Tujuan tersebut, antara lain memberi dan mendapatkan informasi, pemeliharaan diri, serta pemecahan masalah agar semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat.

Dikutip dari buku Komunikasi Antarbudaya: di Era Budaya Siber (2012) karya Rulli Nasrullah, Dan B. Curtis, James J. Floyd dan Jerril L. Winsor menyebutkan tiga sifat utama dari komunikasi kelompok, yakni:

Baca juga: Definisi Komunikasi Kelompok dan Bentuknya

Komunikasi kelompok terjadi secara tatap muka, saat berkumpulnya tiga orang atau lebih

Artinya para anggota kelompok saling berkomunikasi secara tatap muka, demi mempermudah usaha mereka dalam mencapai tujuan bersama.

Agar bisa disebut komunikasi kelompok, jumlah anggotanya minimal tiga dan bertemu secara tatap muka. Adapun, jumlah anggota tersebut sangat menentukan pembagian komunikasi kelompok kecil atau besar.

Berada di bawah pengawasan seorang pemimpin untuk meraih tujuan dan sasaran bersama

Komunikasi kelompok umumnya berada di bawah pengawasan seorang pemimpin atau penanggung jawab. Supaya proses komunikasinya lebih terarah pada upaya mencapai tujuan bersama.

Saling memengaruhi satu sama lain

Sifat komunikasi kelompok adalah saling memengaruhi satu sama lain. Artinya tiap anggota memiliki pengaruh atau bisa memberi pengaruh pada anggota lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.