Kompas.com - 21/01/2022, 11:44 WIB


KOMPAS.comTrigonometri dan phytagoras merupakan salah satu konsep matematika yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam teorema pitagoras ada yang disebut sebagai triple phytagoras. Apa yang dimaksud dengan triple phytagoras? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian triple phytagoras

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, teorema phytagorasmenyebutkan bahwa jumlah kuadrat pada kaki segitiga siku-siku sama dengan kudrat pada sisi miring (sisi berlawanan dengan sudut siku-siku). Teorema phytagorasmelahirkan triple phytagoras.

Dilansir dari Cuemath, triple phytagoras digunakan untuk menemukan tiga kali lipat atau kelompok tiga suku yang memenuhi persamaan teorema phytagoras. Sederhananya, triple phytagoras adalah satu kelompok bilangan (terdiri dari tiga bilangan) yang memenuhi hukum phytagoras.

Baca juga: Soal Trigonometri: Penyelesaian Identitas dan Konsep Phytagoras

Rumus triple phytagoras

Triple phytagoras dirumuskan dalam persamaan:

a² + b² = c²

Tiga bilangan dalam triple phytagoras diumpamakan sebagai tiga sisi segitiga siku-siku dan dilambangkan sebagai a, b, juga c dalam persamaan. c merupakan sisi terpanjang pada segitiga atau disebut dengan sisi miring.

Sedangkan, a dan b adalah dua buah sisi samping segitiga yang lebih pendek dari sisi miringnya. Untuk mencari a dan b pada triple phytagoras, rumusnya dapat dibalik sebagai berikut:

a² = c² – b²
b² = c² –a²

Biasanya, nilai b lebih besar daripada nilai a. Maka secara berurutan, panjang sisi segitiga siku-siku dari yang paling besar ke yang paling kecil adalah c, b, dan a (c > b > a).

Baca juga: Contoh Soal Perbandingan Trigonometri Segitiga Siku-Siku

Contoh triple phytagoras

Misalkan, suatu segitiga memiliki sisi alas sepanjang 12 sentimeter dengan sisi sampingnya sepanjang 5 sentimeter. Berapakah panjang sisi miringnya?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.