Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Fungsi Jurnalistik?

Kompas.com - 14/01/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comFungsi jurnalistik mencakup fungsi informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, serta perekat sosial.

Secara konseptual, kelima fungsi tersebut dapat ditemukan dalam Pasal 3 ayat (1) UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa lembaga pers nasional memiliki lima fungsi utama, yakni informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial, dan perekat sosial.

Fungsi informasi

Dikutip dari buku Jurnalistik Dasar: Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial (2021) karya Khoirul Muslimin, jurnalistik berfungsi untuk memberi informasi kepada masyarakat lewat produksi berita.

Fungsi informasi juga menekankan pada pemberian keterangan, serta penerangan sejumlah pesan yang disampaikan kepada seseorang atau sekelompok orang yang baginya hal baru untuk diketahui.

Adapun informasi yang disampaikan kepada masyarakat hendaknya menarik dan mudah dimengerti.

Fungsi hiburan

Menurut Rusman Latief dalam buku Jurnalistik Sinematografi (2021), fungsi hiburan berarti jurnalistik tidak hanya menyajikan berita, namun juga bisa menjadi media hiburan yang informatif.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Artinya informasi yang disampaikan ke publik mengandung unsur hiburan. Dalam hal ini, hiburan yang dimaksud lebih mengarah pada pengolahan kata-kata informasi yang bisa menghibur hati. Walau begitu, informasi yang disampaikan ke publik harus tetap akurat, benar, serta berimbang.

Fungsi pendidikan

Fungsi jurnalistik ini berarti segala karya jurnalistik hendaknya mengandung unsur mendidik. Contoh, pemberitaan tentang informasi kesehatan, temuan ilmuwan, atau lainnya.

Selain itu, fungsi ini juga berarti bahwa jurnalistik hendaknya mengarahkan khalayak ke arah yang lebih baik, dan menambah wawasan serta pengetahuan mereka.

Fungsi kontrol sosial

Artinya jurnalis menjadi pemantau independen terhadap kekuasaan serta pemimpin yang berpengaruh kuat dalam kehidupan masyarakat.

Selain itu, jurnalis juga mengawasi tiap kegiatan yang dilakukan, serta mendorong atau memotivasi pihak pemegang kekuasaan agar tidak melakukan hal yang bertentangan dengan yang seharusnya.

Fungsi perekat sosial

Fungsi jurnalistik ini berarti jurnalistik ada untuk merekatkan berbagai perbedaan, nilai, paham, pendapat, budaya, tradisi, serta adat istiadat dalam masyarakat.

Baca juga: Apa Bedanya Jurnalistik dan Jurnalisme?

Kata lainnya, dalam memberi informasi kepada khalayak, jurnalis harus memberi informasi yang sehat ke seluruh lapisan masyarakat.

Sehat berarti tidak membeda-bedakan suku, agama, ras, dan strata sosial, melainkan memberi informasi yang sama, seimbang, dan tidak berpihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com