Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Komunikator dan Komunikan dalam Komunikasi

Kompas.com - 04/01/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPengertian komunikator dalam komunikasi adalah pihak pengirim pesan. Sedangkan pengertian komunikan adalah penerima pesan.

Dalam komunikasi, komunikator dan komunikan sama-sama berperan penting. Tanpa kedua unsur atau elemen ini, proses komunikasi tidak akan berjalan lancar dan baik.

Pengertian komunikator dalam komunikasi

Komunikator adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada penerima atau komunikan. Komunikator sering disebut source, sumber, encoder, atau pengirim.

Dikutip dari buku Business Communication: Konsep dan Praktek Berkomunikasi (2020) karya Alvian Hardianto, dkk, pengalaman, sikap, pengetahuan, keterampilan, persepsi, serta budaya milik komunikator akan mempengaruhi pesan yang akan dikirimkan.

Komunikator bisa berupa perseorangan, kelompok, atau organisasi. Komunikator bisa ditemui dalam berbagai proses komunikasi. Mulai dari interpersonal hingga komunikasi massa.

Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), sebagai pelaku utama dalam proses komunikasi, komunikator berperan sangat penting, terutama dalam mengendalikan jalannya komunikasi.

Maka dari itu, seorang komunikator harus terampil berkomunikasi, serta punya ide dan daya kreativitas yang baik.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian dan Unsurnya

Pengertian komunikan dalam komunikasi

Komunikan adalah pihak yang menerima pesan atau informasi dari komunikator. Komunikan sering juga disebut pendengar, penerima, pembaca, pemirsa, khalayak, atau decoder.

Sama halnya dengan komunikator, komunikan bisa berupa perseorangan, kelompok, maupun organisasi. Selain itu, komunikan juga bisa ditemui dalam berbagai proses komunikasi, mulai dari interpersonal hingga komunikasi massa.

Jika tidak ada komunikan dalam komunikasi, pesan yang disampaikan oleh komunikator akan menjadi percuma. Karena tidak ada yang mendengarkan, menyimak, atau menangkap pesan yang disampaikan komunikator.

Keberhasilan proses komunikasi sangat ditentukan oleh kehadiran komunikan. Jika mengalami penolakan oleh khalayak atau komunikan, sudah pasti komunikasi tersebut gagal dalam upaya mencapai tujuan.

Oleh karena perannya yang sangat penting dalam komunikasi, komunikator harus bisa memahami aspek atau hal penting terkait komunikannya.

Sebagai contoh, komunikator harus mencari terlebih dahulu latar belakang sosial, budaya, pendidikan, dan ekonomi dari komunikan. Supaya pesannya dapat tersampaikan dan diterima dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com