Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Geografis Negara Laos

Kompas.com - 24/12/2021, 18:38 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Laos adalah salah satu negara anggota ASEAN. Namun, memiliki kondisi geografis yang berbeda dengan negara ASEAN lainnya. Perbedaan yang jelas kondisi keruangan negara Laos dibandingkan dengan negara lainnya di asia tenggara adalah Laos tidak memiliki laut.

Untuk lebih mengetahui tentang kondisi geografis negara yang dijuluki sebagai egeri Sejuta Gajah dan Tanah Terkunci ini, simaklah penjelasan berikut!

Letak astronomis Laos

Negara Laos secara astronomis terletak antara 14° hingga 22° lintang utara dan antara 100° hingga 108° bujur timur. Berdasarkan letak astronomisnya, Laos terletak dekat dengan garis ekuator atau garis khatulistiwa.

Letak geografis Laos

Secara geografis, Laos terletak di Asia Tenggara dan dikelilingi oleh negara-negara Asia Tenggara lainnya.Berikut adalah batas wilayah negara Laos:

  • Batas utara wilayah Laos adalah China dan Vietnam.
  • Batas timur wilayah Laos adalah Vietnam dan Kamboja.
  • Batas selatan wilayah Laos adalah Kamboja.
  • Batas barat wilayah Laos adalah adalah Myanmar dan Thailand.

Baca juga: Karakteristik Negara Jepang

Dari batas wilayah, terlihat Laos dikelilingi oleh lima negara. Artinya, Laos tidak memiliki wilayah perairan laut, dan hanya memiliki daratan saja. Kondisi geografis inilah asal muasal sebutan “Landlock Country” atau Negeri Tanah Terkunci.

Luas wilayah dan jumlah penduduk

Negara Laos memiliki total area sebesar 236.800 kilometer persegi dan dihuni oleh sekitar 7,4 juta penduduk. Hal tersebut menjadikan Laos sebagai salah satu negara paling tidak padat penduduk di Asia.

Iklim

Karena letak astronomisnya, Laos memiliki iklim monsoon tropis karena dilalui oleh angin muson. Dilansir dari National Geographic Kids, dari dari Mei hingga Oktober angin muson dari Samudera Hindia membawa hujan lebat ke negara tropis yang hangat itu.

Lalu pada November sampai April angin muson membawa angin yang kerng dan panas dari dataran China dan mendatangkan kemarau di Laos.

Baca juga: Karakteristik Geografis Thailand

Lanskap Geografis

Iklimnya yang basah, membuat negara Laos menjadi negara yang subur. Laos memiliki banyak hutan hujan, hutan, kebun, dan juga ladang pertanian. Walau tidak memiliki laut, Laos adalah salah satu negara yang dilalui oleh Sungai Mekong.

Di Sungai Mekong itulah sering dijumpai salah satu spesies terancam punah yaitu, lumba-lumba Irrawaddy. Menurut World Wild Life, hanya ada sekitar 92 ekor lumba-lumba Irrawaddy yang tersisa di dunia.

Selain menjadi rumah bagi lumba-lumba Irrawaddy, kondisi geografis Laos yang basa dan subur menjadi rumah bagi banyak fauna dan flora lainnya.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Los menjadi rumah bagi sekitar 200 spesies reptil, 200 spesies mamalia, 200 spesies amfibi, 700 spesies burung, dan ratusan spesies anggrek juga palem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com