Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Termasuk dalam Komoditas Apakah Sektor Pariwisata di Bali?

Kompas.com - 19/11/2021, 16:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bali sangat terkenal dengan sektor pariwisatanya. Banyak wisatawan, baik internasional maupun lokal, datang ke Bali untuk berwisata.

Astri Rumondang Banjamahor dan kawan-kawandalam buku Strategi Bisnis Pariwisata (2021), mengartikan pariwisata sebagai perjalanan atau kunjungan yang dilakukan secara penuh dan berpindah-pindah, untuk mencari kesenangan serta menikmati keindahan.

Menurut Andi Elma Liana Putri, dkk dalam jurnal Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dari Sektor Pariwisata dalam Meningkatkan Perekonomian Kabupaten Kolaka (2020), bagi penduduk sekitar tempat wisata, sektor pariwisata telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan memberi kemakmuran.

Baca juga: Pengertian Komoditas dan Jenisnya

Termasuk dalam komoditas apakah sektor pariwisata di Bali?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komoditas adalah barang dagangan utama atau benda niaga (benda yang bisa diperdagangkan untuk memperoleh keuntungan).

Sektor pariwisata di Bali punya dua jenis komoditas yang bisa diperdagangkan untuk mencari keuntungan, yakni:

Kawasan pantai dan pura (tempat ibadah umat Hindu)

Bali sangat dikenal dengan keindahan pantai, salah satunya Pantai Kuta. Selain itu, pura di Bali banyak yang menjadi lokasi wisata favorit, karena pemandangan dan tempatnya yang indah.

Kawasan pantai dan pura bisa disebut sebagai komoditas sektor pariwisata di Bali, karena menjual pemandangan dan tempat yang unik kepada wisatawan. Saat mengunjungi tempat tersebut, wisatawan akan dikenakan biaya atau tiket masuk.

Dengan demikian, masyarakat sekitar tempat wisata tersebut mendapat penghasilan dan keuntungan dari komoditas sektor pariwisata tersebut.

Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia Bidang Peternakan dan Perikanan

Barang dagangan, seperti oleh-oleh

Komoditas sektor pariwisata lainnya adalah barang dagangan, seperti oleh-oleh, lukisan, baju, patung, kerajinan dan masih banyak lagi. Ketika menjual barang tersebut, para pedagang akan mendapatkan penghasilan dan keuntungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com