Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Ceramah Umum dan Khusus

Kompas.com - 19/10/2021, 11:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah ceramah. Ceramah tidak hanya merujuk pada kegiatan keagamaan, namun merupakan salah satu jenis pidato. Berdasarkan isinya, ceramah dibagi menjadi dua yaitu ceramah umum dan ceramah khusus.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ceramah adalah pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya.

Abdul Kadir Munsyi dalam buku Metode Diskusi dalam Dakwah (1981) menyebutkan bahwa ceramah ialah metode yang dilakukan dengan cara menyampaikan keterangan petunjuk, pengertian, ataupun penjelasan tentang suatu masalah dihadapan orang banyak.

Perbedaan ceramah umum dan khusus

Perbedaan ceramah umum dan ceramah khusus terletak pada isi materi yang disampaikannya. Ceramah khusus mengandung materi yang sifatnya umum dan dapat didengar juga dipahami oleh semua orang yang mendengarkannya.

Contoh ceramah umum adalah ceramah tentang kesehatan manusia yang di mana materi tersebut berlaku pada semua orang dari kalangan yang berbeda. Contoh lain ceramah umum adalah ceramah tentang hak asasi manusia, nilai-nilai baik sebagai manusia, dan pengetahuan umum lainnya.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Adapun ceramah khusus mengandung materi yang hanya berlaku atau ditujukan untuk kalangan khusus dan tidak diperuntukan kepada masyarakat luas. Contoh ceramah khusus adalah ceramah keagamaan yang ditujukan salah satu umat beragama saja.

A.G. Lugandi dalam buku Pendidikan Orang Dewasa (1989) menyebutkan bahwa ceramah agama merupakan suatu penyampaian informasi yang bersifat searah, yakni dari ceramah kepada hadirin.

Misalnya ceramah agama Islam diperdengarkan untuk umat muslim dan ceramah agama Kristen diperuntukan kepada umat kristiani.

Adapun contoh lain dari ceramah khusus yaitu ceramah politik yang ditujukan pada hadirin dalam bidang politik, dan ceramah kejuruan yang ditujukan pada hadirin yang mengambil bidang keahlian tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com